Senin 21 Mar 2016 11:27 WIB

Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Rumah Sakit tanpa Kasir

Rep: Nora Azizah/ Red: Damanhuri Zuhri
Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Jalan Raya Parung, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Jafkhairi/ca
Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Jalan Raya Parung, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- ‎Tak terasa, Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa yang terletak di Jalan Raya Bogor-Parung, Jampang, Bogor, Jawa Barat, memasuki usianya yang ke tiga.

Rumah Sehat yang berdiri dengan dana wakaf dari para donatur Dompet Dhuafa tersebut mampu menembus angka hingga Rp 30 miliar hanya dalam waktu kurang dari tiga tahun.

"Mendirikan RST adalah mimpi, tapi alhamdulillah menjadi kenyataan," ungkap President Director Dompet Dhuafa Social Enterprise Ismail A. Said kepada Republika.co.id, Ahad (20/3).

Ismail mengatakan, RST dibangun dengan dana sekitar Rp 30 miliar. Namun sejak beroperasi tiga tahun lalu, RST kini sudah memiliki investasi mencapai Rp 100 miliar. Investasi tersebut terdiri dari bangunan dan peralatan canggih dengan teknologi kesehatan terkini yang digunakan pada banyak rumah sakit.

RST berdiri memang bukan tanpa alasan. Saat ini Dompet Dhuafa memiliki sekitar 50 klinik kesehatan gratis di seluruh Indonesia. Namun para dhuafa terkadang bingung apabila harus merujuk ke rumah sakit karena tersandung biaya.

RST ibarat rumah sakit pusat nasional milik pemerintah. Fungsinya sebagai rumah sakit rujukan ketika para dhuafa berobat ke klinik kesehatan gratis dan perlu mendapat tindakan lebih berat.

Rumah sakit ini memiliki sistem tanpa kasir sehingga tidak dipungut biaya sedikit pun bagi para dhuafa. Meski demikian, warga sipil lainnya tetap bisa menggunakan dalam kondisi darurat.

Misalnya, saat terjadi kecelakaan di lokasi dekat RST maka pasien boleh dirawat. Tetapi bila kondisi sudah berangsur pulih pasien akan dipindahkan ke rumah sakit terdekat yang lain. "Kami membangun ini hanya untuk kaum dhuafa sebagai prioritas," jelas Ismail.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di lokasi, RST tergolong modern sebagai rumah sakit gratis khusus dhuafa. Hal tersebut terlihat dari bangunan rumah sakit yang kokoh dan juga fasilitas kesehatan.

Kebersihannya juga tetap terjaga, seperti kamar mandi, lantai lorong rumah sakit, hingga kursi ruang tunggu yang berdesain modern.

Rumah sakit bernuansa hijau ini ‎nantinya juga akan berdekatan dengan masjid besar Dompet Dhuafa. Saat ini masjid masih dalam proses pembangunan. Diperkirakan akan selesai sebelum Ramadhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement