Selasa 15 Mar 2016 17:31 WIB

Pemkot Bangun 15 Masjid Ornamen Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Achmad Syalaby
Masjid Agung Al Furqon Bandar Lampung
Foto: investasi.lampungprov.go.id
Masjid Agung Al Furqon Bandar Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Program pembangunan masjid berornamen Lampung di berbagai pemukiman penduduk dalam Kota Bandar Lampung, telah berdiri 15 masjid. Rencananya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan membangun lagi tujuh masjid berornamen Lampung tahun ini.

“Sekarang sudah ada 15 masjid ornamen Lampung,” kata Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN di Bandar Lampung, Selasa (15/3). Terakhir, Herman sudah meresmikan Masjid Nurul Iman di Kelurahan Batu Putu, Kecamatan Telukbetung Barat. Masjid ini dibangun dengan model arsitektur adat rumah Lampung.

Ia mengatakan, pemkot membantu pembangunan masjid berornamen Lampung sebesar Rp 600 juta setiap masjidnya. Bantuan dari pemkot tersebut, kata dia, dapat meringankan pengurus masjid membuat tempat ibadah yang representatif namun tidak meninggalkan corak kedaerahannya.

Hadirnya 15 masjid berornamen Lampung, kata wali kota, dapat membuat warga dapat memanfaatkan masjid untuk sarana ibadah dan dakwah di lingkungannya masing-masing. Selain itu, kehadiran masjid dapat digunakan ibu-ibu untuk menggelar majelis taklim dan pengajian rutin.

Menurut rencana, pemkot akan membangun masjid berornamen Lampung kembali tahun ini sebanyak tujuh masjid. Namun, pemkot belum bisa memastikan lokasi tempat pembangunan masjid tersebut.

Herman HN yang baru dilantik periode kedua sebulan lalu, sudah memprogramkan pembangunan masjid berornamen Lampung tersebut sejak tahun 2010, tatkala ia menjabat wali kota periode pertama. Mantan kepala biro keuangan Pemprov Lampung tersebut, telah membantu takmir masjid dalam pembangunan masjid sebesar Rp 600 juta melalui APBD.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement