Senin 14 Mar 2016 12:12 WIB

Sarapan Gratis dari Muslim Inggris untuk Tuna Wisma

Rep: MGROL57/ Red: Agung Sasongko
Muslim Inggris
Foto: AP
Muslim Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Asosiasi Muslim di Walthamstow, Inggris memberikan sarapan gratis bagi tuna wisma di daerah tersebut. Dilansir dari Guardian Series, Kamis (10/3), Asosiasi Islam Waltham (WFIA) memulai kegiatan tersebut sebagai langkah mengubah persepsi tentang Muslim di tengah masyarakat.

Mulai Sabtu (5/3) pekan lalu, WFIA memulai sesi pembagian sarapan gratis di Jalan Grove, Walthamstow. Mereka berharap terus melanjutkan kegiatan tersebut pada Sabtu pertama di tiap bulannya. Jika aksi mereka mendapatkan respon yang baik, kemungkinan pembagian sarapan gratis tersebut akan diadakan lebih sering.

"Sangat banyak nilai-nilai negatif mengelilingi Islam," ujar Wakil Presiden WFIA, Abdul Majid. Dengan adanya gerakan membagikan sarapan gratis ini, Majid berharap masyarakat dapat melihat Islam yang sesungguhnya. Selama ini ia menakutkan kebanyakan orang mengasosiasikan Islam dengan ISIS.

"Ketimbang merasa bersalah atas kriminal barbar, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan Islam, kami ingin memperlihatkan Islam yang sesungguhnya. Seperti Alquran mengajarkan pada kita, bahwa Muslim harus memelihara tuna wisma dan mereka yang kelaparan. Ini adalah pesan Islam yang sesungguhnya, untuk menjadi inklusif, dan menjadi bagian dari komunitas."

Selama ini organisasi Islam tersebut secara berkala mendonasikan makanan ke lembaga-lembaga amal di Walthamstow. Majid menegaskan mereka tidak peduli membantu orang dari latar belakang manapun. WFIA terbuka untuk membantu semua orang yang membutuhkan. Dia menambahkan adanya gerakan semacam ini sangat dibutuhkan, dan melihat respon pekan lalu sangat menyenangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement