Sabtu 12 Mar 2016 21:17 WIB

Kemenag Bina Keagamaan Suku Anak Dalam

Orang Rimba/Suku Anak Dalam
Foto: GARUDAMAGAZINE.COM
Orang Rimba/Suku Anak Dalam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag) sedang merumuskan pedoman atau roadmap pembinaan keagamaan untuk suku dan masyarakat tertinggal Indonesia. Khususnya daerah pedalaman. Suku anak dalam termasuk dalam target pembinaaan.

Dilansir laman Kemenag.go.id, Kemenag bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Maarif untuk menggelar  Workshop pengembangan pendidikan agama dan keagamaan di Jambi, Kamis (10/03) lalu.

Untuk mendapatkan rumusan terbaik, workshop ini diikuti 75 peserta yang berasal dari para dosen, penyuluh agama, tokoh adat, perwakilan suku anak dalam, organisasi kemasyarakatan Islam dan peneliti puslitbang pendidikan agama dan keagamaan.

Mewakili Gubernur Jambi, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi Husni Jamal mengatakan,  Indonesia kaya akan suku. Beberapa di antaranya dalam kondisi tertinggal. Perhatian pemerintah pusat, ditandai kehadiran Presiden Joko Widodo menemui Suku Anak, melecut semangat pemerintah daerah Jambi  untuk segera mengentaskan ketertinggalan warga suku. 

Program yang selama ini sudah berjalan akan lebih difokuskan agar lebih efektif dalam membana warga suku anak dalam. Terkait itu, Gubernur Jambi menyambut baik penyelenggaraan workshop ini sebagai salah satu ikhtiar mengentaskan ketertinggalan Suku Anak Dalam, melalui pendekatan pendidikan keagamaan. 

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, M. Thahir Rahman, mengatakan, potensi masyarakat Jambi, termasuk Suku Anak Dalam , kalau dibina dapat menjadi generasi unggul dan  berprestasi. Tahun 2015,  Jambi mengirim duta lomba tahfiz di tingkat nasional hingga internasional. Ternyata putra Jambi tersebut dapat memperoleh juara pertama. “Hal ini menunjukkan bahwa potensi putra Jambi tidak kalah dengan daerah lain,” paparnya.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement