Ahad 06 Mar 2016 08:52 WIB

Warga Flint Krisis Air Bersih, Muslim Detroit Galang Dana

Rep: MGROL57/ Red: Agung Sasongko
Muslim di Detroit, AS
Foto: usatoday
Muslim di Detroit, AS

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT -- Komunitas Muslim Hamtrack dan Detroit, Michigan, Amerika Serikat bantu warga Flint yang alami krisis air bersih karena pencemaran timbal. Dilansir dari MLive.com, Sabtu (5/3), umat Islam kedua kota tersebut mengumpulkan sumbangan sebesar 10 ribu dollar untuk meringankan beban korban krisis air berkepanjangan di Kota Flint.

Kelompok tersbeut memberikan cek senilai 10 ribu dollar pada Yayasan Komunitas Flint dan Bantuan Pembangunan Kesehatan Anak Flint, Selasa (1/3) lalu. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Museum Sejarah Hamtrack. Sumbangan yang diberikan para anggota komunitas Muslim tersebut akan menyokong perawatan jangka panjang dan pembangunan bagi anak-anak warga Flint yang terkena pencemaran limbah timbal.

Terkait situasi krisis air bersih yang dialami warga Flint, komunitas Muslim Hamtrack dan Detroit mengumpulkan sumbangan dari enam masjid di area mereka. Pengumpulan dana bantuan tersebut mencapai 10 ribu dollar dalam waktu kurang lebih dua pekan.

Donasi tersebut direncanakan akan menjadi dana penyokong kegiatan-kegiatan bantuan bagi korban pencemaran, terutama anak-anak. Uang sebesar 10 ribu dollar akan digunakan untuk tanggap krisis, optimalisasi kesehatan anak dan pembangunan, pendidikan anak sejak dini, layanan pendidikan siswa, akses berkelanjutan ke dokter anak, akses menuju layanan kesehatan psikologi anak, serta pendidikan gizi. Akses makanan sehat, perawatan lingkungan hidup, integrasi layanan sosial, serta riset akan dibantu juga dengan dana yang telah dikumpulkan komunitas Muslim.

Sebelumnya komunitas Muslim Amerika Serikat telah menyalurkan berbagai bantuan menanggapi krisis air di Flint. Bulan Januari dan Februari mereka memberikan bantuan air bersih pada masyarakat Flint.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement