Jumat 05 Feb 2016 19:09 WIB

7 Wasiat Luqman kepada Anaknya (Bagian 2-Habis)

Prof Ahsin Sakho Muhammad menyampaikan kajian Surah Luqman ayat 13-19 pada Kajian Ilmiah Al-Qur'an (KAIL) di Jakarta, Jumat (5/2).
Foto: Dok Oase
Prof Ahsin Sakho Muhammad menyampaikan kajian Surah Luqman ayat 13-19 pada Kajian Ilmiah Al-Qur'an (KAIL) di Jakarta, Jumat (5/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Al-Qur'an Surah Luqman ayat 13-19 menguraikan metode pendidikan Islam yang disampaikan Luqman Hakim kepada anaknya. Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Cirebon, Jawa Barat, Prof Ahsin Sakho Muhammad, rangkaian ayat tersebut mencakup tujuh pesan Luqman kepada anaknya.

Ketiga, tutur Ahsin, ikutilah jalan kehidupan orang orang saleh, karena semua manusia akan kembali kepada Allah dan Allah akan menghisab perbuatan mereka. Baik yg besar maupun yg kecil.

“Keempat,  laksanakan shalat sebagai bukti kepatuhanmu kepada Allah,” kata Ahsin saat mengisi kajian Al-Qur’an Ilmiah (KAIL)  yang diadakan oleh Penerbit Bayan Qur’an dan Halimun Media Citra (penerbit Oase Qur’an) di Epicentrum Jakarta, Jumat (5/2).

Kelima, ujar Ahsin, ajaklah orang untuk berbuat baik dan cegahlah mereka melakukan kemungkaran.

Keenam, bersabarlah terhadap setiap musibah. “Kata Luqman kepada anaknya, inilah (bersabar)  hal yang sangat penting kau perhatikan,” paparya.

Ketujuh, kata Ahsin, jangan kau congkak dan sombong dengan perilakumu. Berjalanlah dengan wajar. Jangan dibuat-buat, karena Allah tidak  suka orang yang berperilaku seperti itu. “Dan jangan kau berbicara dengan suara keras, karena kau tak ubahnya seperti keledai  yang suaranya memekakkan telinga dan sangat tidak enak untuk didengar,” tutur Ahsin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement