Jumat 05 Feb 2016 19:06 WIB

7 Wasiat Luqman kepada Anaknya (Bagian 1)

Prof Ahsin Sakho Muhammad menyampaikan kajian Surah Luqman ayat  13-19 pada Kajian Al-Qur'an  Ilmiah (KAIL) di Jakarta, Jumat (5/2).
Foto: Dok Oase
Prof Ahsin Sakho Muhammad menyampaikan kajian Surah Luqman ayat 13-19 pada Kajian Al-Qur'an Ilmiah (KAIL) di Jakarta, Jumat (5/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu contoh pendidikan Islam ditunjukkan Allah SWT di dalam Al-Qur’an Surah Luqman ayat 13-19. Surah tersebut dikaji oleh Pimpinan Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Cirebon, Jawa Barat, Prof Ahsin Sakho Muhammad.

Ahsin menyampaikan materi tersebut Kajian Al-Qur’an Ilmiah (KAIL)  yang diadakan oleh Penerbit Bayan Qur’an dan Halimun Media Citra (penerbit Oase Qur’an) di Epicentrum Jakarta, Jumat (5/2).

Kajian rutin itu dihadiri sekitar 100 orang, termasuk Dr Briliantono M Soenarwo, direktur utama Halimun Media Citra (HMC) dan Halimun Medical Center (HMC) yang juga penulis buku best seller berjudul “Allah Sang Tabib”.

Ahsin mengemukakan, Surah Luqman ayat 13-19 berisi kurikulum pendidikan untuk anak-anak.  Allah mengabadikan wasiat Luqman kepada anak anaknya yang mencakup tiga hal pokok,  yaitu akidah, syariah dan akhlak. “Metode yang digunakan berupa perintah dan larangan tapi disertai dengan alasan yang masuk akal,” ujar Ahsin.

Ahsin menguraikan ada tujuh wasiat  Luqman kepada anaknya. “Pertama, jangan kau sekutukan Allah, karena syirik adalah kezaliman yang besar,” ujarnya.

Kedua, kata Ahsin,  berbuat baiklah kepada kedua orang tua dan bersyukurlah. “Sebab, mereka telah mengasuhmu semenjak dari dalam kandungan sampai kau besar  dalam suka dan duka, tak mengenal lelah,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement