Rabu 03 Feb 2016 07:00 WIB

Posko Kesehatan DD Diminati Sopir Angkutan Umum

Rep: C23/ Red: Achmad Syalaby
 Sopir angkutan kota (angkot) melakukan aksi mogok.  (liustrasi)
Foto: Antara/Dewi Fajriani
Sopir angkutan kota (angkot) melakukan aksi mogok. (liustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dompet Dhuafa menyelenggarakan aksi layanan sehat (ALS) di Terminal Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (2/1). Aksi yang digelar dengan cara membuka posko pemeriksaan kesehatan gratis tersebut, diprioritaskan untuk para pengemudi angkutan umum.

Sejumlah sopir mengaku cukup terbantu dengan adanya kegiatan sosial tersebut. Sebab, rutinitas sehari-hari sebagai pengemudi angkutan umum, terkadang membuat mereka tak memiliki banyak waktu untuk mengecek status kesehatannya.

Sopir metromini S70 jurusan Blok M - Joglo, Nur Hadi (48 tahun) mengatakan dirinya jarang sekali memeriksakan kondisi kesehatannya. Kalaupun ada waktu untuk pergi ke dokter atau rumah sakit, ia lebih memilih menggunakannya untuk beristirahat. "Jadi posko kesehatan ini seperti memberi kesempatan untuk para sopir mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mereka," tuturnya pada Republika.co.id seusai melakukan pemeriksaan.

Syarif Hidayat (31 tahun), pengemudi bus AC 05 jurusan Blok M - Bekasi Timur mengungkapkan hal yang tak jauh berbeda. Ia  mengatakan tak memiliki banyak waktu untuk mengontrol kondisi kesehatannya. Dalam sehari, Syarif mengaku dapat menempuh trayeknya hingga lima kali bolak-balik. "Kegiatan seperti ini benar-benar membantu sekali," ucapnya.

Baik Syarif maupun Hadi mengakui kondisi kesehatan sebenarnya memang penting untuk menyokong pekerjaan seperti mereka. Sebab, hal itu akan mempengaruhi performa mereka ketika mengemudi dan menghadapi situasi lalu-lintas.

Keduanya berharap kegiatan-kegiatan sosial serupa dapat diselenggarakan secara berkala. Tidak hanya untuk kalangan tertentu seperti mereka, tapi juga masyarakat umum. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement