Jumat 29 Jan 2016 08:33 WIB

Baznas Bantu Bibit Peternak Lele

Peternakan lele (ilustrasi)
Foto: Republika/adhi WIcaksono
Peternakan lele (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU --  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru, menggelontorkan bantuan bibit ikan lele dumbo sebanyak 23 ribu ekor bagi kelompok ternak lele Pinang Seleret di wilayah setempat.

"Mereka yang mendapat bantuan ini berasal dari keluarga miskin di Jalan Bata Kelurahan Rejosari, Tenayan Raya," kata Ketua Baznas Kota Pekanbaru, Akbariza di Pekanbaru, Rabu Kemarin.

Ia menyebutkan nilai bantuan bibit ini Rp24 juta. Diberikan dalam bentuk bibit dan pakan serta pembuatan kolam.

Pihaknya memang memiliki program bantuan modal bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diberi nama program Pekanbaru Makmur.

Tujuannya membantu ekonomi masyarakat yang kurang mampu, khususnya mengembangkan usaha. "Dana zakat yang kami kumpul dari muzaki disalurkan kembali sebagai bantuan ke mustahiq," urainya.

Tentunya melalui proses dan seleksi yang ketat agar tepat sasaran. "Kali ini ada 10 kelompok peternak yang kami bantu," tuturnya.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, dalam acara serah terima bantuan bibit lele bagi 10 kelompok peternak ini menyebutkan, bantuan ini adalah perangsang bagi para peternak. Jumlahnya yang tidak seberapa haruslah dijadikan motivasi dan diupayakan berkembang.

Dia mengakui selama ini banyak kelompok yang menerima bantuan, tidak berkembang, bahkan bangkrut.

"Banyak bantuan diberikan tidak berhasil, bahkan hanya sampai disitu," ujar Firdaus.

Makanya ia berpesan anggota kelompok yang menerima bantuan, apapun bentuknya baik itu dari dana Baznas maupun dari donatur lainnya hendaknya diberdayakan dan diusahakan sebaik mungkin agar berkembang.

Di tempat yang sama salah satu anggota kelompok peternak lele dumbo Pinang Seleret, Samsir Alam mengaku terkejut atas bantuan ini, bahkan mereka tidak menyangka akan diberikan bantuan. Ia mengaku anggota kelompok peternak ini rata-rata kaum fakir miskin yang memang tidak memiliki penghasilan tetap. Tetapi berniat ingin membuka usaha peternakan namun terkendala modal.

Lalu sebutnya mendengarkan keinginan tersebut ia berusaha menyampaikan kepada pemerintah akhirnya dikabulkan dan dibantu bibit lele. "Kami rasa bermimpi mendapatkan kabar akan diberi bantuan bibit lele," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement