Ahad 24 Jan 2016 13:58 WIB

Ratusan Pimpinan Pesantren Alumni Gontor Doakan Almarhum Panji Hilmansyah

Ratusan Pimpinan Pesantren Alumni Gontor Doakan Panji Hilmansyah.
Foto: dok: Istimewa
Ratusan Pimpinan Pesantren Alumni Gontor Doakan Panji Hilmansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 350 kiai dan pimpinan Pesantren alumni pondok modern Gontor menjelang penutupan Silaturrahim Nasional (Silatnas) melakukan doa bersama untuk Panji Hilmansyah (31), putra sulung Putra sulung Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dari pernikahannya dengan Yoyok Yudi Suharyo. Panji meninggal diduga karena mengalami gagal jantung di kamarnya. 

Panji pernah menjadi instruktur pilot di Kota Naples negara bagian Florida, Amerika Serikat. Panji meninggalkan satu orang putra bernama Armand (10 tahun), dan dua adik yaitu Nadine Kaiser dan Alvy Xavier

“Panji bagian dari keluarga besar alumni Gontor. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata Ustaz Aminudin, ketua IKPM Jakarta, pascadoa bersama yang digelar di Siti Hotel Hotel Tangerang Pasar Baru, Kota Tangerang, Ahad, (24/01) dalam siaran persnya.

(Baca Juga: Putra Menteri Susi Diduga Meninggal karena Serangan Jantung).

Acara Silatnas juga merupakan bagian dari kegiatan besar peringatan 90 tahun Pondok Modern Gontor di hadiri oleh sejumlah tokoh seperti KH Hasyim Muzadi Lukman Hakim Saifuddin, Hidayat Nurwahid, Rano Karno, Andi Amran Sulaiman, Ferry Mursyidan Baldan, Sofyan Djalil, Rahmat Gobel, Rano Karno, Zulkifli Muhadli, Idris Somad, Yudi Latif, Yusril Ihza Mahendra, Badrodin Haiti, Basoeoki Hadimoeljono, Din Syamsuddin, Yusuf Mansur, Siti Zuhro, Kamaruddin Amin,  Amal Fathullah dan banyak lagi tokoh-tokoh lainnya.

Ketua Umum Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG), KH Zulkifli Muhadli menjelaskan ini pertemuan terbesar yang dihadiri para kiai dan pimpinan pesantren alumni Gontor. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan besar peringatan 90 tahun Pondok Modern Gontor.

“Waktu Gontor berdiri pada 1926, tantangannya berat, karena situasi ekonomi masyarakat lemah, negara belum ada. Tapi Gontor jalan terus, kekuatan utamanya keikhlasan para pendirinya, semangat ini yang akan kita gali dalam pertemuan ini," kata Zulkifli.

Gontor saat ini memiliki 20 pesantren yang tersebar di Indonesia. Terdiri atas 13 kampus pondok putra dan tujuh  kampus pondok putri. Pondok Modern Darussalam Gontor saat ini berdiri di Jawa, Sumatra dan Sulawesi dengan jumlah guru dan santri sekitar 25.405 orang. Gontor juga mengelola Universitas Darussalam Gontor (UNIDA), dengan jumlah mahasiswa sekitar 2.684 orang. Selain itu, hingga saat ini 350 pesantren telah terdaftar sebagai Pesantren Alumni Gontor, yaitu pesantren yang dikelola para alumni Gontor, dan beberapa pesantren masih dalam tahap pendataan atau belum mendaftar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement