Selasa 19 Jan 2016 19:02 WIB

Menteri dan Kiai Hadiri Silatnas Gontor

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: achmad syalaby
Suasana aktivitas santri di Pondok Modern Gontor 2 Ponorogo, Jawa Timur.
Foto: Republika/Damanhuri Zuhri
Suasana aktivitas santri di Pondok Modern Gontor 2 Ponorogo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 283 kiai akan menghadiri silaturrahim nasional (silatnas)  kiai dan pimpinan alumni pondok pesantren Gontor. Kegiatan ini akan dibuka oleh Pimpinan Pondok Modern Gontor KH  Hasan Abdullah Sahal pada Jumat (22/1) pukul 19.00 di Siti Hotel Hotel Tangerang.

"Kita bersyukur, sejak 1926 Gontor berkesempatan berjuang mendidik anak-anak Indonesia. Sejak 1945 hingga sekarang Gontor terus berkontribusi dalam membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia," ujar Ketua Pelaksana Forum Pesantren Alumni Gontor Sofwan Manaf dalam siaran persnya, Selasa (19/1).

Selain mempererat silaturrahim, silatnas  dilakukan untuk meningkatkan tata asuh dan tata kelola masing-masing pondok pesantren. Apa yang baik di Gontor, bisa lebih baik diterapkan di pesantren lain. Di acara ini juga akan  dibahas peningkatan peran pesantren dalam masalah kemiskinan, pengangguran, tantangan pasar bebas ASEAN, masalah infrastruktur, dan penguatan bangunan Indonesia di atas kemajemukan bangsa.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menjadi salah satu pembicara kunci dalam forum ini. Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono akan berbicara mengenai infrastruktur.

Ketua Umum Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) Zulkifli Muhadli mengatakan ini pertemuan terbesar yang dihadiri para kiai dan pimpinan pesantren alumni Gontor. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan besar peringatan 90 tahun Pondok Modern Gontor. Dia menyebut waktu Gontor berdiri tahun 1926, tantangannya berat mengingat situasi ekonomi masyarakat lemah dan negara belum ada. "Tapi Gontor jalan terus, kekuatan utamanya keikhlasan para pendirinya. Semangat ini yang akan kita gali dalam pertemuan ini," kata Zulkifli.

Selain para kiai dan pimpinan pesantren, silatnas juga akan dihadiri beberapa tokoh diantaranya Dewan Pertimbangan Presiden RI Hasyim Muzadi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Musryidan Baldan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENaS) Sofyan Djalil, Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti, Gubernur Banten Rano Karno, dan banyak tokoh lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement