Kamis 14 Jan 2016 06:45 WIB

Tiga Hikmah untuk Pengamal Shalat Dhuha

Gerakan shalat (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Gerakan shalat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,Shalat Dhuha merupakan satu dari tiga wasiat yang dianjurkan Rasulullah. Sebagaiman diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, ''Kekasihku (Rasulullah SAW) mewasiatkan kepada tiga hal, pertama supaya berpuasa tiga hari setiap bulan, kedua supaya shalat dhuha dua rakaat, dan ketiga supaya shalat witir sebelum tidur.'' (HR Bukhari Muslim).

(Baca: Hikayat Shalat Dhuha).

Shalat Dhuha dilaksanakan pagi hari ketika matahari sudah menampakkan sinarnya. Rasulullah SAW bersabda, ''Shalat dhuha dilakukan apabila anak-anak unta telah merasakan kepanasan (karena tersengat matahari).'' (HR Muslim).

Menurut Ibnul Qayyim al-Jauzi, jumlah rakaat shalat dhuha tidak ada batas maksimal, tergantung kemampuan dan kesempatan seorang Muslim yang hendak mengamalkannya. Aisyah berkata, ''Biasanya Rasulullah melakukan shalat dhuha empat rakaat dan beliau menambah.'' (HR Muslim). Berikut janji Allah untuk pengamal shalat Dhuha.

Betapa rahmat dan nikmat Allah SWT begitu besar dikucurkan kepada kita setiap harinya. Shalat dhuha merupakan ekspresi Muslim akan rasa syukur yang tiada terhitung tersebut, sekaligus sebagai permohonan diberikannya napas kehidupan baru di hari-hari yang hendak kita jalani.

(Baca: Cegah Korupsi dengan Shalat Dhuha).

Memang, tidak mudah untuk melaksanakan shalat dhuha. Mengingat waktunya yang bertepatan dengan jam-jam dimulainya aktivitas keseharian, untuk melaksanakan shalat dhuha menjadi persoalan tersendiri. Bagi seorang pegawai, pada waktu-waktu itu sedang sibuk menyiapkan keberangkatan dan memulai untuk bekerja. Demikian pula dengan pedagang yang sibuk memulai dagangannya. Namun, sesempit apa pun waktu kita karena aktivitas sehari-hari, jika shalat Dhuha telah dibiasakan, insya Allah akan ringan untuk mengamalkannya. Berikut tiga janji Allah untuk pengamal shalat Dhuha.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement