Kamis 07 Jan 2016 15:49 WIB

Sekolah Al-Haramain Rayakan Hari Bahasa Arab Sedunia

Rep: Damanhuri Zuhri/Agung S/ Red: Agung Sasongko
Perayaan hari Bahasa Arab Sedunia di Sekolah Al-Haramain, Jakarta.
Foto: Kedubes Arab Saudi
Perayaan hari Bahasa Arab Sedunia di Sekolah Al-Haramain, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah Saudi Al-Haromain untuk TK,SD,SMP, dan SMU di Jakarta merayakan hari bahasa Arab Sedunia yang jatuh pada tanggal 18 Desember lalu. Hadir dalam perayaan tersebut Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa bin Ibrahim al-Mubarak dan Rektor Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Jakarta, Prof Dr Hj Tutty Alawiyah AS.

Direktur Al-Haromain, Soleh bin Hadi Alhibabi mengatakan, Kerajaan Arab Saudi merupakan salah satu negara inisiator yang mendesak untuk ditetapkannya hari bahasa Arab Sedunia tersebut guna menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi yang digunakan dan diakui oleh dunia internasional. Karena bahasa Arab memiliki peran besar dalam kemajuan peradaban dunia moderen saat ini.

Dalam perayaan tersebut, Al-Haromain menjadikan hari tersebut sebagai momentum untuk lebih berperan serta berinteraksi dengan masyarakat Indonesia melalui penyebarluasan bahasa Arab, seperti tempat pelatihan pengajar bahasa Arab atau kegiatan yang bermuara pada peningkatan hubungan antara kedua negara terutama di bidang pendidikan.

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi HE. Mustafa bin Ibrahim AL- Mubarak menegaskan pentingnya melakukan interaksi dengan masyarkat Indonesia melalui penyebar luasan bahasa Arab yang merupakan bahasa ALquran, bahasanya para ahli surga.

"Bahasa-bahasa lain boleh saja datang dan pergi, namun tidak demikian dengan bahasa Arab yang senantiasa eksis, kekal dan abadi hingga akhir zaman," kata dia dalam acara yang juga dihadiri Dr. Tulus Mustofa, Atase Militer Saudi untuk Indonesia sejumlah diplomat Saudi Arabia, para wali murid, para tamuvundandan dan seluruh siswa Al-Haromain

Rektor UIS, Prof. Dr. H. Tuty Alawiyah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada duta besar Arab Saudi serta AL-Haromain yang senantiasa memberikan perhatian dan dukungannya, baik moril maupun materil dalam menyebar luaskan serta mengembangkan bahasa Arab di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement