Rabu 11 Nov 2015 11:11 WIB

35 Desa Binaan APU Gelar Shalat Istisqa

Rep: hannan putra/ Red: Damanhuri Zuhri
shalat istisqa
Foto: setkab.go.id
shalat istisqa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga sosial Al Azhar Peduli Umat (APU) menggelar Shalat Itisqa' dan doa bersama secara serentak yang dilakukan di 35 desa dan 11 provinsi, Ahad (8/11). Shalat Istisqa' serentak ini sebagai bentuk aksi sosial terhadap kemarau panjang yang banyak melanda tanah air.

Humas APU Yeny Herliana dalam keterangan persnya kepada Republika, Rabu (11/11) mengatakan, kemarau panjang telah berdampak buruk pada beberapa desa gemilang binaan APU.

"Kekeringan, gagal panen, hingga kekurangan air bersih dan kesulitan memenuhi kecukupan nutrisi. Ini juga terasa di masyarakat pedesaan dampingan APU. Meski telah memiliki sistem kemandirian dan ketahanan pangan keluarga, akan tetapi dampak kemarau cukup terasa," jelas Yeni.

APU mengajak masyarakat bersama-sama beraksi mengatasi dampak kemarau dengan melakukan doa bersama dan shalat istisqa' secara serentak.

Di samping itu, APU membantu melakukan dropping air bersih, memberikan bantuan paket pangan bernutrisi, aksi pengobatan gratis, serta bantuan bibit dan modal kerja pertanian. Aksi APU ini disambut antusias warga masyarakat di desa-desa binaan APU.

Setelah diselenggarakan shalat istisqa', di beberapa desa binaan APU sudah mulai diguyuri hujan. Mereka meyakini, hujan yang turun adalah istijabah doa dari shalat istisqa.

"Alhamdulillah di sejumlah daerah sudah mulai di guyur hujan. Para petani sudah mulai menugal istilah menanam padi di pinggiran sungai Seruyan, Kalimantan Tengah menyambut musim hujan tiba," jelas Yeni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement