Senin 09 Nov 2015 05:28 WIB

Pemkab Kuburaya-MUI Permudah Sertifikat Halal

Sertifikat Halal
Sertifikat Halal

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAI RAYA -- Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Kalimantan Barat merangkul pengusaha lokal agar mendaftarkan diri mengikuti proses sertifikasi halal.

"Selain memberikan penguatan informasi pengembangan usaha bagi pelaku usaha, kita saat ini juga bekerja sama dengan MUI Kalbar untuk mengajak pelaku usaha olahan makanan agar mengurus sertifikat halal," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya, Gemuruh di Sungai Raya, Ahad (8/11).

Dia mengatakan, dengan adanya label halal dari LP POM MUI, secara tak langsung juga memudahkan pelaku usaha dalam memasarkan produk yang dimiliki, terlebih dalam memasarkan produk ke supermarket modern seperti Alfamart dan Indomaret.

Kerja sama dengan MUI Kalbar tersebut dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya, karena sampai saat ini, cukup banyak pelaku usaha lokal yang terkesan enggan mengikuti proses sertifikasi halal dengan alasan terbentur biaya sertifikasi yang relatif mahal.

"Untuk membantu pelaku usaha tersebut Dinas Koperasi dan UKM Kubu Raya juga telah berusaha mengusulkan adanya alokasi anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM untuk pembiayaan pembuatan sertifikasi halal bagi pelaku usaha lokal yang dinilai fokus dan bersungguh-sungguh dalam mengembangkan usaha yang dimiliki," tuturnya.

Dia menjelaskan, mengenai berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pengurusan sertifikat halal tersebut, akan langsung ditransfer ke LP POM MUI sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan pemerintah daerah setempat.

Saat ditanya soal produk olahan pelaku usaha lokal Kubu Raya, kata Gemuruh saat ini selain pisang salai, terdapat olahan gula merah yang dibuat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kubu Raya yang telah dipasarkan hingga ke Pulau Natuna.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement