Rabu 28 Oct 2015 17:23 WIB

Imam Masjid Istiqlal: Minta Hujan tak Hanya dengan Shalat Istisqa

Rep: c16/ Red: Agung Sasongko
prof ali yakub imam besar Masjid Istiqlal Jakarta
Foto: foto damanhuri zuhri/republika
prof ali yakub imam besar Masjid Istiqlal Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemarau panjang dan bencana kabut asap masih melanda Indonesia. Sejumlah daerah mulai melaksanakan shalat Istisqa. Begitupula dengan rencana pemerintah pusat yang akan menggelar shalat Istisqa.

Imam Masjid Istiqlal Ali Musthafa Ya'qub mengatakan, sampai hari ini masjid Istiqlal belum ada rencana untuk menggelar shalat Istisqa atau shalat meminta hujan lagi. "Sampai hari ini Istiqlal belum ada rencana untuk menggelar shalat Istisqa karena beberapa waktu yang lalu sudah pernah menyelenggarakan istisqa," kata Ali saat dihubungi ROL.

Pada dasarnya, Ali menekankan, shalat meminta hujan tidak sebatas dilakukan dengan gerakan shalat khusus tetapi juga bisa dilakukan dengan berdoa. Setiap khutbah shalat Jumat seyogyanya para khotib juga memasukkan doa minta hujan. Doa minta hujan juga harusnya dilakukan setiap usai melaksanakan shalat fardhu.

"Justru yang penting adalah doa Istisqa itu sendiri. Tapi kalau ada yang mau shalat Istisqa juga lebih bagus," kata Ali.

Terkait shalat Istisqa secara nasional yang rencananya akan dilakukan oleh pemerintah, Ali mengaku mendukung adanya rencana tersebut. Selain shalat Istisqa, menurut Ali cara lain untuk meminta hujan sdalah dengan bertaubat kepada Allah SWT dan segera meninggalkan kemaksiatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement