Senin 26 Oct 2015 11:03 WIB

IBF 2016 Kumpulkan Buku Karya Dosen dan Ulama

Mendikbud Anies R Baswedan (kanan) dan Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinaro pada pembukaan Islamic Book Fair (IBF) 2015 di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, akhir Februari 2015 lalu.
Foto: Dok IBF
Mendikbud Anies R Baswedan (kanan) dan Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinaro pada pembukaan Islamic Book Fair (IBF) 2015 di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, akhir Februari 2015 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, dengan jumlah penduduk Muslimnya terbesar di dunia. “Sudah sepantasnya umat Islam di Indonesia menjadi pelopor satu kekuatan dalam rangka kebangkitan di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, ekonomi dan kebudayaan,” kata Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinaro, Senin (26/10).

Afrizal menambahkan, Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI adalah organisasi yang sangat peduli pada kebangkitan Indonesia di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, ekonomi maupun kebudayaan. Salah satunya melalui pemberian penghargaan Islamic Book Award (IB Award) yang dilaksanakan setiap tahun pada momentum Islamic Book Fair (IBF) Ikapi DKI.

IBF tersebut  digelar di Istora Gelora Bung Karno Senayan, dan tahun 2016 merupakan IBF yang ke-15. “IB Award adalah salah satu kegiatan pemberian penghargaan oleh Ikapi  DKI kepada para penulis dan buku Islam terbaik Indonesia,” ujar Afrizal.

Afrizal menyebutkan, penyerahan IB Award  dilaksanakan bersama dengan Islamic Book Fair IKAPI DKI, setiap tahun. Tahun 2016 ini, panitia sedang mengumpulkan buku-buku Islam baik dari para penerbit anggota Ikapi, maupun dari para dosen-dosen perguruan Tinggi Islam.

Selain itu, kata Afrizal, panitia juga sedang mengupayakan untuk mendapatkan buku-buku karya para ulama-ulama pondok pesantren yang selama ini belum terekspos di masyarakat luas.

“Mimpi besar kita adalah ke depan Bangsa Indonesia akan menjadi pusat ilmu pengetahuan dan peradaban Islam dunia, melalui lembaga pendidikan Islam yang bermutu dan dengan terbitnya buku-buku yang berkualitas dari para ulama, dosen dan penulis-penulis Indonesia,” papar Afrizal Sinaro.

Selain IB Award, panitia IBF Ikapi DKI setiap tahun juga memikih Tokoh Perbukuan Islam. Penyerahan anugerah Tokoh Perbukuan Islam juga diberikan bersamaan pada ajang Islamic Book Fair (IBF).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement