Selasa 20 Oct 2015 08:23 WIB

Masjid Raya Padangpariaman Segera Dibangun

Pembangunan masjid (ilustrasi).
Foto: Republika/Tahta Aidilla/ca
Pembangunan masjid (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN --  Bupati Padangpariaman, Sumatera Barat, Ali Mukhni meletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Padangpariaman dengan luas areal mencapai 2,5 hektare dengan kebutuhan sebesar Rp100 miliar.

"Alhamdulillah hari ini kami sudah letakkan batu pertama pembangunan Masjid Raya Padangpariaman dan teman-teman di DPRD untuk tahun ini sudah menganggarkan sebesar Rp5 miliar walaupun secara keseluruhan sampai selesai kita butuh dana sebanyak Rp100 miliar," katanya di Parit Malintang, Senin (20/10).

Ia mengatakan, pihaknya sudah sepakat dengan anggota DPRD Padangpariaman dengan menggunakan anggaran APBD tahun jamak untuk pembangungan Masjid Raya ini hingga tahun 2017 nanti. "Jadi kita targetkan pada 2017 mendatang Masjid Raya Padangpariaman ini sudah bisa digunakan untuk sholat Idul Fitri maupun Idul Adha," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dana pembangunan Masjid Raya Padangpariaman ini tidak hanya bersumber dari APBD Padangpariaman melainkan juga bantuan dari berbagai donatur seperti, Pemerintah Oman, Islamic Development Bank dan sumbangan perantau asal Pariaman yang tersebar di berbagai wilayah baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Bahkan untuk biaya pembangunan Masjid Raya Padangpariaman ini anggota DPRD Sumbar asal Pariaman siap untuk memperjuangkannya masuk dalam anggaran APBD Provinsi Sumbar dengan tahun jamak, ditambah bantuan dari berbagai donatur seperti, negara timur tengah dan perantau asal Pariaman yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia maupun di luar negeri," kata dia.

Ia optimistis bahwa Masjid Raya Padangpariaman ini bisa selesai tepat waktu dan dioperasional pada tahun 2017 nanti sehingga menjadi salah satu masjid termegah di Provinsi Sumbar. "Untuk kita ketahui bersama rancangan bangunan Masjid Raya Padangpariaman ini diadopsi dari Masjid Raya Batam yang kebetulan Wali kotanya merupakan orang Pariaman yaitu Bapak Asman Abnur, jadi masjid ini juga akan memakai ornamen yang berasal dari negara-negara di Timur Tengah," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa sesuai dengan maket miniatur yang sudah dibuat oleh konsultan bahwa Masjid Raya ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, gedung Islamic center, perpustakaan, kantor MUI, kantor Baznas, , kantin, lapangan futsal dan sarana lainnya.

"Kita sudah rancang dengan konsultan untuk jadikan Masjid Raya Padangpariaman ini multifungsi selain sebagai tempat ibadah bisa digunakan belajar agama, untuk olahraga, rest area bagi pengendara yang bepergian jauh makanya disini juga akan kita bikin kantin sehingga mereka bisa belanja," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement