Rabu 23 Sep 2015 10:32 WIB

Masjid Moskow Resmi Dibuka

Rep: c33/ Red: Bilal Ramadhan
Masjid Moskow
Foto: Itartass
Masjid Moskow

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Salah satu Masjid terbesar di Rusia akan dibuka pada Rabu (23/9) setelah pembangunan selama hampir satu dekade. Presiden Vladimir Putin dan pejabat-pejabat tinggi lainnya akan menghadiri acara peresmian Masjid tersebut.

Masjid Moskow diperkirakan mampu menampung lebih dari sepuluh ribu jamaah. Sejatinya Masjid ini merupakan renovasi besar-besaran atas Masjid terdahulu yang tidak sebesar sekarang. Kepala Deputi Dewan Ulama Rusia Rushan Abbyasov mengatakan total biaya pembangunan Masjid mencapai 170 juta dolar AS.

”Pembiayaan pembangunan seluruhnya diberikan oleh donasi swasta dari seluruh dunia,” ujarnya seperti dilansir dari The Moscow Times.

Ia mengungkapkan Presiden Palestina Mahmoud Abbas turut menyumbang dana sebesar 25 ribu dolar AS. Sedangkan donasi terbesar diberikan oleh milyuner asal Dagestan, Suleiman Kerimov yang memberikan 100 juta dolar AS.

Abbyasov menjelaskan donasi diberikan setelah Suleiman selamat dari insiden kecelakaan mobil di Prancis pada 2007. Besarnya Masjid Moskow akan sebanding dengan dua Masjid megah Rusia lainnya yaitu yang terletak di Grozny, Chechnya dan Makhachkala, Dagestan.

Diperkirakan Presiden Turki Recep Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan turut hadir dalam upacara peresmian. Sebelumnya, Masjid Moskow pertama kali dibangun pada 1904. Saat itu fungsinya hanya sebagai rumah ibadah Muslim selama era Uni Soviet.

Namun renovasi besar-besaran mulai dilakukan sejak Mei 2005. Demi mengoptimalkan pembangunan, Masjid yang lama akhirnya benar-benar diruntuhkan untuk dijadikan Masjid baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement