Rabu 16 Sep 2015 20:06 WIB

Catat, Inilah Hari Penggantian Kiswah Ka'bah

Mekkah
Mekkah

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH-- Peguasa tertinggi Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abd al-Aziz, menyerahkan penutup Ka'bah (kiswah) yang baru kepada pejabat senior Masjid al-Haram, Shalih bi Zain al-Abidin asy-Syaibi.

Penyerahan simbolik kiswah yang dibuat pada periode pemerintahan Raja Salman itu berlangsung Selasa (15/9). Hadir dalam acara yang berlangsung di Istana as-Salam, Jeddah itu sejumlah pejabat da ulama senior, antara lain penasehat raja dan Wali Kota Makkah, Khalid al-Faishal bin Abd al-Aziz, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Masjid al-Haram dan Nabawi, Syekh Abdurrahman as-Sudais.

Syekh as-Sudais mengapresiasi perhatian serius pihak kerajaan secara turun menurun dalam menyambut para jamaaah umrah dan haji. Ia juga menyampaikan terimakasih atas upaya Arab Saudi untuk membuat kiswah.

Prosesi penyerahan kiswah ini, berlangsung rutin tiap tahun. Selain kiswah, tas pembungkus kunci Ka'bah juga diserahkan dari pabrik pembuatnya. Rencananya, kiswah yang baru itu akan dipasang menggantikan kiswah yang lama pada pagi hari 9 Dzulhijjah, seperti tradisi yang berlaku tiap tahunnya saat jamaah haji tengah menuju ke Arafah untuk melaksanakan wukuf.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement