Ahad 30 Aug 2015 00:01 WIB

PKPU Hadiri Perjamuan KBRI Myanmar Salurkan Bantuan di Sittwe

Lembaga Kemanusiaan PKPU ikut menghadiri penjamuan KBRI untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat Myanmar di negara bagian Rakhine
Foto: PKPU
Lembaga Kemanusiaan PKPU ikut menghadiri penjamuan KBRI untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat Myanmar di negara bagian Rakhine

REPUBLIKA.CO.ID, RAKHINE - Rombongan Kedutaan Besar Republik Indonesia mengadakan perjamuan khusus dengan pemerintah negara bagian Rakhine di Sittwe Myanmar, Rabu (26/8). Lawatan yang dipimpin oleh Duta besar RI untuk Myanmar Ito Sumardi ini merupakan permulaan rangkaian aktivitas rombongan pemerintah, sektor dunia usaha dan lembaga kemanusiaan asal Indonesia yang dihelat selama empat hari kunjungan resmi di negara bagian Rakhine.

Unsur yang terlibat dalam tim KBRI selain Dubes RI dan staf juga pimpinan dari beberapa institusi diantaranya Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU, Medical Emergency Response Tim dan JAPFA. Lembaga Kemanusiaan PKPU turut hadir dalam pertemuan tersebut. Kunjungan ini juga dalam rangka penyaluran bantuan untuk pengungsi dan komunitas terdampak banjir yang melanda wilayah ini selama periode Juli sampai Agustus yang lalu. Dari PKPU ikut hadir Presiden Direktur PKPU‎ Agung Notowiguno dan Manager Disaster Risk Management (DRM) PKPU Muhammad Kaimudin.

Pada pertemuan ini dilakukan penyerahan bantuan secara simbolik kepada pemerintah Rakhine, dan kunjungan ke lokasi Sekolah yang dibangun oleh pemerintah RI di Mimbya Township. Perjamuan yang dilaksanakan pada Rabu malam waktu setempat ini juga dihadiri oleh jajaran menteri yang dipimpin langsung Kepala Kemementrian negara bagian Rakhine U Mra Aung.

Pemerintah Rakhine memberikan penghargaan dan penyambutan atas inisiatif masyarakat Indonesia yang telah membantu banyak masyarakat Myanmar di negara bagian Rakhine bahkan sejak lama. Sejak tahun 2012, konflik komunal melanda negara bagian Rakhine yang menimbulkan arus pengungsian dan pelarian dalam jumlah yang sangat besar. Negara bagian Rakhine merupakan wilayah yang cukup terdampak akibat konflik komunal dan banjir ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement