Rabu 26 Aug 2015 01:56 WIB

Dakwah tak Selalu Ustaz, Siapapun Bisa Berdakwah

Rep: c25/ Red: Agung Sasongko
Erick Yusuf
Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan dakwah tidak melulu harus dilakukan seorang ustaz. Siapapun bisa melakukan dakwah.

Pimpinan Lembaga Dakwah Kreatif (iHaqi), Ustaz Erick Yusuf menilai dakwah bisa dilakukan semua orang. Dakwah yang dilakukan tidak melulu sama seperti seorang pemuka agama. Tapi bisa dilakukan dengan caranya sendiri-sendiri, serta dilakukan sesuai dengan profesi masing-masing.

"Dakwah yang dilakukan dengan cara masing-masing, diantaranya adalah seorang hakim yang melakukan dakwah melalui palunya. Kemudian, jika seseorang berprofesi sebagai seorang seniman, ia bisa melakukan dakwah melalui karya-karya yang ia ciptakan, termasuk pemusik yang dapat berdakwah dengan lagu-lagu yang diciptakan dan dinyanyikan," paparnya.

Intinya, ungkap Ustaz Erick, secara profesional semuanya bisa berdakwah tinggal masing-masing orang dapat menguatkan tauhid keimanannya terlebih dahulu. Menurutnya, kalau iman dan tauhid seseorang sudah dikuatkan. Itu bisa menjadi implementasi dari iman dan amal saleh.

Amal soleh itulah yang nantinya berfungsi sebagai dakwah, karena seseorang sudah membiasakan pekerjaan-pekerjaan yang baik. "Dakwah itu bukan kita semuanya harus jadi ustaz, semuanya itu adalah dai, semua ini bisa berdakwah," kata dia.

Untuk kondisi sekarang sendiri, Ustaz Erick merasa kalau banyak anak muda yang sebenarnya memiliki kesempatan dakwah dalam berbagai komunitas. Cara berdakwah tentu saja disesuaikan dengan komunitas, misalnya berdakwah di komunitas motor atau mobil bisa dilakukan dengan mengajarkan tertib di jalan atau buang sampah di tempatnya. Dakwah juga bisa dilakukan dengan menerapkan budaya antri yang tertib.

Ustaz menambahkan kalau dakwah itu sebenarnya harus diterapkan dalam hal-hal yang sederhana, yang bisa dilihat dan dijadikan contoh langsung dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, menurut ustaz Erick, dakwah merupakan suatu langkah untuk mengajak kepada sebuah kebaikan, dan dilakukan dengan cara-cara yang sederhana, yang tentunya akan lebih baik disertakan sebuah contoh yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement