Rabu 19 Aug 2015 18:40 WIB

Masjid Agung Sukabumi Percontohan Kegiatan Keagamaan

Rep: Riga Iman/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Sukabumi
Foto: wikipedia
Masjid Agung Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sekretaris Dewan Penasihat Masjid Agung Sukabumi HM Kusoy mengatakan, Masjid Agung Sukabumi sejak berdiri hingga sekarang telah menjadi pusat kegiatan ibadah dan dakwah Islam Sukabumi. ‘’ Bisa dikatakan, masjid ini sebagai markas besar umat Islam Sukabumi,’’ terang dia.

Hal ini ungkap Kusoy, disebabkan masjid tersebut menjadi tempat utama kegiatan keagamaan dan muamalah bagi umat Islam di Sukabumi. Selain itu masjid agung ini juga menjadi percontohan bagi kegiatan keagamaan masjid lainnya. ‘’ Ada tiga fungsi masjid yakni sebagai manajemen atau pengorganisasian, pemeliharaan, dan kegiatan keagamaan,’’ ujar Kusoy.

Fungsi keagamaan khususnya dalam hal kegiatan ibadah seperti tempat shalat dan muamalah atau sosial.Kusoy menerangkan, Masjid Agung Sukabumi selama ini telah menjalani ketiga fungsi tersebut. Di mana, masjid menjadi ajang sosialisasi dan dakwah serta penjabaran nilai-nilai Islam kepada umat.

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung lanjut Kusoy berupaya mewujudkan adanya perbaikan akhlak dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Caranya dengan secara rutin menggelar kajian keagamaan dan aktibtas keislaman lainnya.

Wakil Sekretaris III DKM Masjid Agung Sukabumi Dadang Sidik mengungkapkan, setiap harinya DKM menggelar kajian rutin untuk masyarakat. Contohnya pengajian rutinan yang digelar setiap Rabu malam dan yasinan setiap Kamis malam. ‘’ Pada Jumat, DKM bersama dengan isntansi pemerintah menggelar shalat subuh berjamaah,’’ ujar Sidik.

Para jamaah berasal dari pegawai Pemkot Sukabumi, masyarakat sekitar, dan para pelajar di Sukabumi.Khusus untuk remaja kata Sidik, Masjid Agung juga membentuk pemuda remaja masjid agung (PRMA). Forum remaja tersebut cukup aktif misalnya dengan menggelar festival nasyid dan marawis yang digelar pada momen bulan Ramadhan 2015 lalu.

Selain itu secara rutin mengadakan pengajian setiap sepekan sekali yakni pada Sabtu malam.Menjelang Idul Adha lanjut Sidik, DKM juga disibukkan dengan kegiatan penerimaan dan penyaluran hewan kurban. Setiap tahunnya, Masjid Agung Sukabumi menjadi pusat penyaluran hewan kurban bagi warga.

Ketua III DKM Masjid Agung Sukabumi Fifi Kusumajaya menambahkan, aktivitas keagamaan di masjid agung tidak pernah sepi. ‘’ Setiap harinya diramaikan dengan kegiatan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya,’’ ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement