Rabu 19 Aug 2015 16:11 WIB

Masjid Agung Sukabumi Pusat Dakwah dan Pemersatu Umat Islam

Rep: Riga Iman/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Sukabumi
Foto: Kemenag.go.id
Masjid Agung Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Masjid merupakan sarana bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah dan mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT. Keberadaan masjid juga menjadi sarana pemersatu bagi umat Islam dan media dakwah Islam kepada masyarakat luas. Sehingga perannya sangat penting bagi umat Islam.

Di Kota Sukabumi, masjid yang paling besar dan tertua yakni Masjid Agung Sukabumi yang terletak di Kelurahan Gunung Parang Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Lokasinya cukup strategis karena berada dekat dengan Pendopo Negara Kabupaten Sukabumi, Alun-Alun Kota Sukabumi, dan pusat perbelanjaan di Sukabumi.

Di lihat dari sisi sejarah, masjid tersebut sudah berdiri pada akhir abad ke 19. Hal ini dibuktikan dengan bukti foto atau dokumentasi masjid pada 1890 masehi. Masjid Agung Sukabumi menjadi satu-satunya masjid yang berdiri di tengah Kota Sukabumi hingga akhir abad ke 19. Bangunan masjid lainnya baru bermunculan setelah memasuki abad ke 20.

Selama berdiri hingga 2015, Masjid Agung Sukabumi sudah mengalami pemugaran dalam skala besar sebanyak enam kali. Pelaksanaan pemugaran dilakukan pada 1900, 1936, 1945, 1975, 2004, dan 2012. Peresmian Masjid Agung Sukabumi setelah pemugaran terakhir dilakukan pada 12 mei 2013 oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wali Kota Sukabumi pada saat itu Mokh Muslikh Abdussyukur.

Bangunan masjid yang baru ini didesain oleh pemenang sayembara desain masjid yakni artsitek asal Bandung Dedi Sudharmanwan.Saat ini bangunan masjid terlihat megah dengan kubah berwarna kuning keemasan. Uniknya, ada ornament senjata khas Jabar yakni kujang di tiap menaranya. Hal ini menunjukkan perpaduan antara Islam denga budaya lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement