Senin 17 Aug 2015 21:31 WIB

PKPU Bantu Air Bersih dan Kandang Ternak untuk Pengungsi Banjarnegara

PKPU membantu air bersih dan kandang ternak untuk pengungsi Karang Kobar, Banjarnegara.
Foto: PKPU
PKPU membantu air bersih dan kandang ternak untuk pengungsi Karang Kobar, Banjarnegara.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA - Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU membangun Sarana Air Bersih (SAB), MCK dan kandang ternak di tempat relokasi pengungsi di Banjarnegara. SAB pertama berada di dusun Jemblung desa Ambal, Kecamatan Karang Kobar, Banjarnegara, berbentuk bak penampungan air berukuran  2x2x1,25 meter persegi. Penampungan ini berkapasitas 6000 liter air, dan dapat mengaliri 27 rumah pengungsi dan 150 rumah warga desa.

Sementara SAB kedua berada di dusun Pencil desa Karang Tengah, Kecamatan  Wanayasa, dengan membuat bak penampungan air yang sama berukuran 2,4 x2x1,25 meter persegi yang dapat menampung 7500 liter air, dan bisa mengaliri 38 rumah pengungsi dan hampir 200 rumah warga desa.

Manager Disater Risk Management (DRM) PKPU Muhammad Kaimudin selaku mengatakan kedua titik ini dalam proses persiapan pembentukan kelompok usaha warga. Mereka butuh pendampingan manajemen (pengelolaan) air sebagaimana program PAMDUS di Yogya.

Selain itu, PKPU juga membantu pembangunan kamar mandi dan toilet MCK lengkap dan permanen di relokasi pengungsi di dusun pencil, desa Karang tengah kec. Wanayasa Banjarnegara. Diperkirakan MCK yang akan dibangun empat lokal akan memakan waktu tiga  pekan. Dalam program ini PKPU bekerjasama dengan YDSF. MCK ini nantinya akan dapat digunakan bagi 38 rumah warga relokasi dusun pencil.

"Di titik ini juga saat ini dalam proses persiapan pembentukan kelompok warga, mereka butuh pendampingan manajemen (pengelolaan) seperti pemberdayaan masyarakat,"  kata Muhammad Kaimudin selaku Manager Disater Risk Management (DRM) PKPU, Ahad (16/8).

Sedangkan lokasi pembangunan kandang ternak berada direlokasi warga dusun Wadas Sinatar,  Pandansari  Wanayasa. Ukuran kandang dibangun berukuran 10 x 15 berbentuk panggung.  Kandang tersebut nantinya mampu menampung 55 ekor kambing, yang diperuntukkan bagi  25 kepala keluarga, masing-masing mendapatkan dua  ekor. Sisanya sebanyak lima  ekor adalah kambing pejantan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement