Sabtu 08 Aug 2015 22:27 WIB

Pernah Dikuasai Islam, Ini Penyebab India Tetap Hindu

Rep: C38/ Red: Nasih Nasrullah
Taj Mahal
Foto: antara
Taj Mahal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyebaran Islam di India telah dimulai lewat jaringan perniagaan para saudagar Arab sejak masa Rasulullah. Sementara, ekspedisi resmi dilakukan Muhammad Ibn Qasim dari Bani Umayyah, lalu mencapai puncaknya pada masa Sultan Mahmud Ghaznawi. Ghaznawi dianggap sebagai milestone bagi sejarah Islam di anak benua India.

Namun, sekalipun Islam pernah berkuasa di India selama beberapa abad, mayoritas penduduk anak benua India tetap beragama Hindu. Hal ini menimbulkan sejumlah pertanyaan di benak para sejarawan.

Ira M Lapidus dalam "Sejarah Sosial Ummat Islam", berpendapat, hal itu disebabkan oleh sejumlah faktor. Pertama, sedikitnya penopang penaklukan Muslim di India. Komunitas Muslim merupakan sekelompok kecil tentara yang tidak didukung oleh sebagian besar penduduk. Umat Islam membentuk sebuah elite politik, tetapi tidak mampu menguasai seluruh negeri.

Kedua, struktur politik India pra-Islam tetap bertahan secara utuh. Beberapa penguasa lokal dan elite keagamaan Brahmana tetap mempertahankan kekuasaan politik lokal mereka di bawah pemerintahan Islam.

Pengukuhan terhadap para penguasa lokal dan perlindungan terhadap warga non-Muslim juga berperan menjaga kelangsungan identitas non-Muslim. (Baca: Kenapa Rasulullah suka mandi hujan)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement