Jumat 17 Jul 2015 22:56 WIB
Lebaran 2015

Muslim Minahasa Biasa Berlebaran di Makam

Peziarah berdoa di depan makam sanak saudaranya.
Foto: ANTARA/Foto Raisan Al Farisi/ca
Peziarah berdoa di depan makam sanak saudaranya.

REPUBLIKA.CO.ID,MINAHASA -- Umat Muslim di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara melakukan ziarah ke makam keluarga mereka masing-masing usai shalat id.

"Sudah menjadi kebiasaan kami setelah shalat Id, kami sekeluarga dan kerabat lainnya ziarah ke makam," kata tokoh pemuda di Ratatotok Ratahan, Ruslan Ibrahim, Jumat (17/7).

Dia mengakui, ziarah ke makam ini sudah menjadi tradisi dari umat Muslim yang ada di daerahnya. Biasanya mereka menabur bunga, juga bersama-sama keluarga berdoa khususnya bagi anggota keluarga yang sudah meninggal.

Ruslan menambahkan, ziarah ke makam ini sudah menjadi agenda wajib setiap keluarga, sebelum merayakan hari raya di rumah mereka masing-masing.

"Ini sudah jadi keharusan, kita sekeluarga berkumpul dan berziarah ke makam keluarga. Apalagi jika ada keluarga dari jauh sudah pasti ikut berziarah dan berdoa bersama keluarga," ujarnya.

Ruslan menambahkan setelah berziarah makam para keluarga langsung berkumpul di rumah orang tua untuk saling memberikan ucapan selamat Idul Fitri.

"Setelah kita ziarah langsung dilanjutkan ke rumah orang tua, kemudian saling memberi ucapan selamat idul fitri dan saling bermaaf-maafan, dan makan bersama," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement