Rabu 01 Jul 2015 14:13 WIB

APP Fokus Penuhi Kebutuhan 2 Juta Mushaf Melalui Wakaf Alquran

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Wakaf Alquran APP
Foto: antaranews
Wakaf Alquran APP

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kebutuhan masyarakat pada mushaf Alquran mencapai 2 juta mushaf per tahun.

Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan wakaf Alquran tiap tahun, Asia Pulp & Paper (APP)   baru memenuhi 100 ribu Alquran per tahun. Sedangkan pemerintah baru memenuhi sebanyak 60 ribu per tahunnya.

"Sejak tahun 2008 Sinar Mas dan pilar usahanya di bidang pulp dan kertas APP terus melaksanakan program sosial wakaf Alquran," ujar General Manager CSR Yuki Wardhana, Rabu (1/7).

 

Makanya, ujar  Yuki, pihaknya terus melakukan perbaikan supaya wakaf Alquran ini terus berjalan makin baik.

Meski APP melakukan wakaf Alquran setiap tahun, kata dia, namun pihaknya juga mengajak umat Muslim di Indonesia untuk ikut serta wakaf Alquran. Sebab masih banyak kebutuhan Alquran yang belum terpenuhi.

"Kalau masyarakat ikut melakukan wakaf Alquran diharapkan mampu  mengurangi gap kebutuhan Alquran yang masih sangat tinggi," ujar Yuki.

Alquran yang diwakafkan oleh APP, terang dia, disebarkan ke berbagai pelosok di Tanah Air dari Aceh sampai Papua. Dalam penyebaran Alquran ini APP meminta bantuan  pemerintah, TNI, dan polisi sebab mereka yang memahami jalur distribusi di wilayah Indonesia.

"Wakaf Alquran ini juga disalurkan melalui unit-unit di  Sinarmas Land. Kami berharap gerakan wakaf Alquran bisa dilakukan secara masif di Indonesia."

Alquran yang diwakafkan oleh APP, kata Yuki, dicetak dengan menggunakan  kertas halal. Halal dalam artian bahan bakunya, bahan kimianya, dan proses produksinya.

"Saat penyimpanan kertas juga  tak bersentuhan dengan lantai. Ini untuk menjaga kertas supaya tidak terkena najis."

Di tempat yang sama, Direktur APP Suhendra Wiriadinata mengatakan, kertas Alquran yang digunakan untuk mencetak Alquran memiliki spesifikasi khusus yang disebut Quran Paper Product (QPP). Kertas ini berkualitas tinggi sehingga tinta yang menempel tidak akan luber ke mana-mana.

Kalau tinta sampai luber, terang Suhendra, maka ayat Alquran yang harusnya dibaca pendek malah jadi panjang. Ini akan mempengaruhi arti bacaan Alquran.

"Makanya kertas untuk mencetak Alquran itu harus  dipastikan kualitasnya bagus supaya tinta tidak luber. Kertas QPP ini juga dipakai untuk mencetak Alquran di Turki, Sudan, Suriah, Irak, Lebanon, Mesir, Pakistan," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement