Jumat 03 Jul 2015 12:17 WIB

Kewajiban Menghormati Jenazah

Al Azhar Memorial Garden
Foto: Al-Azhar Memorial Garden
Al Azhar Memorial Garden

REPUBLIKA.CO.ID, Rasulullah senantiasa mengimbau dan mencontohkan pada umatnya agar menghormati jenazah. Beberapa contoh perilaku menghormati jenazah yang dilakukan Rasulullah antara lain:

1.Berdiri Ketika Jenazah Lewat

Rasulullah memerintahkan pada Ummatnya untuk berdiri ketika jenazah lewat, hingga jenazah tersebut diletakkan, sebagaimana hadist: “Jika kalian melihat jenazah, maka berdirilah. Dan siapa yg mengikutinya, maka janganlah ia duduk hingga jenazah itu diletakkan” (HR Muslim)

2.Melarang Menginjak, Melangkahi & Menduduki Makam   

Menghormati jenazah tidak sebatas hanya saat jenazah dalam pengurusan saja (memandikan, mengkafani, mensholatkan), akan tetapi menghormati jenazah tetap harus dilakukan ketika  jenazah sudah dimakamkan, itulah sebabnya mengapa kita harus memperlakukan makam dengan santun, sebagaimana Hadist : ”Sesungguhnya seorang dari kalian yang duduk ditas bara api lalu membakar pakaian hingga menyisakan kulitnya lebih baik baginya daripada duduk diatas sebuah kuburan.” (HR. Muslim)

3.Larangan Mencela Orang yang Sudah Meninggal

Penyebab kematian beragam, terkadang jenazah sudah dalam kondisi yang tidak baik sehingga tidak jarang mengundang komentar dari pelayat. Rasulullah melarang umatnya mencela orang yang sudah meninggal apapun kondisinya, sebagaimana hadist: “Janganlah kalian mencela orang-orang yang sudah mati, karena mereka itu sudah sampai kepada apa yang telah mereka lakukan.” (HR Bukhari) (Adv Al Azhar Memorial Garden)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement