Jumat 26 Jun 2015 12:35 WIB

Kematian, Azab Bagi Orang-Orang Durhaka

Al Azhar Memorial Garden
Foto:

5. Kematiannya Mendatangkan Pelajaran Bagi Orang Mukmin

Selain Firaun dan Qarun, Alquran dan Hadist merekam sejarah azab kematian bagi orang-orang zalim, seperti kematian bangsa Tsamud, Aad,Madyan, kaum Nabi Nuh AS, selain kaum yang melampaui batas lainnya. Sebagaimana Al-Quran: “Dan (Kami binasakan) kaum ‘Aad dan Tsamud dan penduduk Rass dan banyak (lagi) generasi-generasi di antara kaum-kaum tersebut.” (Surat Al-Furqaan ayat 38)

Penyebab utama orang-orang durhaka ini mendapat murka Allah SWT adalah kesombongan yang membuat mereka mengingkari nikmat Allah SWT. Kesombongan ini mereka manifestasikan dengan kebebasan berbuat sesuka hati seolah-olah tiada yang dapat menghentikan perbuatan mereka serta menempatkan diri mereka sebagai orang yang paling kuat, paling kaya, paling pintar serta kebanggaan lain yang justru berakhir pada kehancuran kaum mereka sendiri. Bukanlah Allah SWT yang mencelakakan mereka, melainkan mereka sendiri yang menganiaya diri mereka sendiri, sebagaimana Al-Quran:

“…maka Allah tidaklah sekali-kali menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.” (At Taubah:70).Apa yang dilakukan orang-orang durhaka tadi bisa saja terjadi pada kita,dimana ditengah nikmat Allah SWT yang dapatkan, tak jarang kita merasa keberhasilan kita merupakan jerih payah kita sendiri, padahal sudah dijelaskan tadi, bahwa nikmat yang diberikan pada kita merupakan rahmat Allah SWT semata dan bisa jadi merupakan ujian dan cobaan yang mesti kita sikapi sesuai akidah, sebagaimana Al-Quran: ”Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar” (QS. Al-Anfaal: 28). (ADV Al Azhar Memorial Garden)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement