Rabu 24 Jun 2015 23:25 WIB

Puluhan Masjid di Bangka Barat Dapat Bantuan Hibah

Pembangunan masjid (ilustrasi).
Foto: Republika/Tahta Aidilla/ca
Pembangunan masjid (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MUNTOK --  Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan dana hibah untuk pembangunan sejumlah masjid di daerah itu senilai Rp4,155 miliar.

"Kami berharap bantuan tersebut bisa membantu pembangunan masjid penerima bantuan dalam meningkatkan fasilitas ibadah dan umatnya semakin memakmurkan masjid," ujar Kepala Sub Bagian Agama Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Agus Sunawan di Muntok, Rabu (24/6).

Ia mengatakan, bantuan dana hibah senilai Rp4,155 miliar tersebut sebagian besar sudah disalurkan beberapa waktu lalu dan ada beberapa yang akan diberikan pada saat kegiatan safari Ramadhan bulan ini. Ia menerangkan, penyaluran dana hibah tersebut diberikan dengan nilai bervariasi sesuai permintaan yang diajukan panitia pembangunan masjid pada tahun sebelumnya.

"Semua penerima yang jumlahnya sebanyak 21 masjid, tahun lalu sudah mengajukan proposal ke bupati dan sudah disetujui, namun nilainya disesuaikan dengan anggaran yang ada," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 21 masjid penerima bantuan tersebut terdiri dari Masjid Nurul Falah Air Menduyung, Masjid Baiturrahmah Jebus, Al Mu'minnin Tumbak Petar, Al Ijtihad Airbulin, Baitul Islamiyyah Dendang, Istiqomah Dendang dan Masjid Akbar Benteng Kota masing-masing mendapatkan bantuan Rp20 juta.

Untuk bantuan senilai Rp50 juta diserahkan kepada pengurus Masjid Jami' Airbulih, Al Ikhlas Peradong, Al Barokah Kundi, Nurul Islam Kayuarang dan Mushala Al Fajri Tempilang. "Masjid Az Zahra Sekar biru mendapat bantuan Rp60 juta dan Masjid Ruhul Ikhlas Air Nyatoh Rp75 juta, sedangkan Masjid Miftahul Jannah Pelangas, Nurul Iman Mancung dan Hayatul Islam Cupat dibantu masing-masing Rp100 juta," katanya.

Ia menambahkan, dua masjid mendapatkan bantuan Rp200 juta yaitu Masjid Jami' Benteng Kota dan Masjid Al Ansor Tempilang, sedangkan satu masjid mendapatkan bantuan terbesar yaitu Masjid Al Hidayah Tempilang dengan nilai bantuan Rp3 miliar.

"Kami berharap adanya bantuan pembangunan masjid tersebut bisa memberikan motivasi kepada seluruh umat Muslim di daerah itu untuk mengoptimalkan peran sekaligus memakmurkan masjid," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement