Selasa 23 Jun 2015 20:39 WIB

Pakar Hadis: Allah Mengatur Sampai yang Terkecil

Rep: C38/ Red: Didi Purwadi
ilustrasi
Foto: Facebook
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat media sosial, Ade Armando, menolak hadis yang melarang minum berdiri dan menggunakan tangan kiri. Ade menilai hadis tersebut tidak masuk akal.

''Hadis semacam ini tak perlu diikuti karena alasan rasional: tidak masuk di akal! Apa urusannya Allah melarang orang makan sambil berdiri atau pakai tangan kiri? Membayangkan bahwa ada setan yang makan dengan tangan kiri juga sama absurdnya,'' tulis Ade seperti dikutip dalam sebuah artikelnya di Madinaonline, Selasa (23/6).

Direktur Pusat Kajian Hadits Jakarta, Ahmad Lutfi Fathullah, membantah pernyataan Ade. Kepada Republika Online, Ahmad mengatakan Allah SWT mengatur segala urusan kehidupan dunia.

“Allah mengatur apa saja sampai hal-hal terkecil,” kata Ahmad, kepada Republika, Selasa (23/6).

Pakar hadis ini lantas menyitir surah Al Zalzalah ayat 7-8 yang menyebut bahwa Allah akan membalas setiap kebaikan dan keburukan walau sebutir zarrah. Dengan kata lain, tidak ada satu hal pun yang luput dari kehendak dan pengawasan Allah.

Perintah Allah lengkap dan menyeluruh. Lutfi menjelaskan, Allah memang tidak menyebut hal-hal seperti itu dalam Alquran. Rasulullah-lah yang kemudian menjelaskan atau merinci pokok-pokok permasalahan itu kepada umat manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement