Senin 22 Jun 2015 18:31 WIB

'Waspadailah Virus Ekstrimisme'

Rep: c08/ Red: Agung Sasongko
Mencegah Paham Radikal.  (ilustrasi)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Mencegah Paham Radikal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cendikiawan Muslim Alwi Shihab mengatakan, konsep Islam nusantara yang ada di Indonesia dipuji Arab Saudi.  Alwi menyebut konsep Islam nusantara yang diterapkan di Indonesia adalah cerminan Islam yang santun, moderat dan jauh dari sifat-sifat yang ekstrim.

"Arab mulai sadar bahwa Islam Nusantara adalah cerminan Islam modrat, santun dan jauh dari ekstrimisme," kata Alwi melalui akun twitter pribadinya @ShihabAlwi, Senin (22/6).

Alwi menyebut ekstrimisme dan radikalisme selama ini telah banyak mencoreng citra Islam di mata dunia. Untuk itu, pria yang pernah menjabat sebagai Menlu di era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid ini mengingatkan agar umat Islam khususnya di Indonesia untuk selalu mewaspadai penularan virus ekstrim yang terus coba ditularkan oleh kelompok-kelompok militan.

"Waspadailah virus ekstrimisme," ujar Alwi.

Seperti diketahui wacana Islam nusantara beberapa waktu belakangan sering dikemukakan oleh Ormas Nahdlatul Ulama. NU mengatakan konsep Islam Nusantara.

Terakhir saat berbicara pada forum istiqhatsah menyambut Ramadhan di Istiqlal pekan lalu, Ketua PBNU Said Aqil Siroj mengatakan konsep Islam Nusantara menunjukkan Islam yang sesuai dengan kearifan lokal Indonesia. Ia menyebut konsep Islam Nusantara menyinergikan ajaran Islam dengan adat istiadat lokal yang banyak tersebar di wilayah Indonesia

Apa yang didorong oleh PBNU ini juga mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo yang yang juga hadir dalam forum istiqhatsah tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement