Rabu 17 Jun 2015 08:22 WIB

Kiai Hudrin Sarankan Tarekat Naqshbandiyah Ikut Pelatihan Rukyat

Rep: C08/ Red: Erik Purnama Putra
Penganut Tarekat Naqsabandiyah di Padang.
Foto: Antara
Penganut Tarekat Naqsabandiyah di Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Kepala Jakarta Islamic Centre KH Hudrin Hasbullah mengaku heran dengan metode yang digunakan Tarekat Naqsbandiyah di Padang, Sumatra Barat karena memulai 1 Ramadhan dua hari lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah dan ormas Islam.

Tarekat Naqsabandiyah diketahui memulai 1 Ramadhan sejak Selasa (16/6). Sementara pemerintah dan ormasIslam serentak telah menetapkan Ramadhan pada Kamis (18/6).

"Saya heran dengan metode yang digunakan teman-teman (Tarekat) Naqsabandiyah. Kok bisa dua hari selisihnya," kata Kiai Hudrin kepada Republika di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Rabu (17/6).

Kiai Hudrin menyebut tidak tahu secara persis seperti apa metode yang digunakan Tarekat Naqsabandiyah. Ia pun enggan mengatakan metode yang digunakan Takrekat Naqshbandiyah salah. Tetapi, ia menyarankan agar kelompok tersebut mengevaluasi metode penentuan kalender agar tidak punya perbedaan terlalu mencolok dari penanggalan yang ditetapkan secara umum

Dia juga menyarankan agar Tarekat Naqsabandiyah melakukan pelatihan rukyat mengenai cara melihat hilal dengan ilmu falak yang benar sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW yang juga sesuai dengan metode ilmu pengetahuan yang sekarang.

"Mungkin mereka masih menggunakan cara lokal dalam merukyat. Kita enggak mengatakan mereka salah, tapi sesama umat Islam kita harus saling mengingatkan," ujar Kiai Hudrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement