Senin 15 Jun 2015 14:24 WIB

Bayt Al-Suhaymi, Rumah Bangsawan Islam Abad Pertengahan (1)

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indah Wulandari
Bayt al-Suhaymi
Foto: archnet
Bayt al-Suhaymi

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Kota Kairo, Mesir dikenal sebagai salah satu kota tua, kaya akan sejarah dunia dan menyimpan berbagai situs serta artefak dari berbagai peradaban dunia. Kota ini tercatat memiliki sejarah panjang kejayaan era Mesir kuno, Romawi hingga era para sahabat Nabi dan berbagai dinasti Islam.

Di abad pertengahan, kota ini mencapai kejayaannya, karena pengaruh besar dua dinasti Islam yang berperan penting di Mesir saat itu, di antaranya Dinasti Fatimiyah dan Utsmaniyah.

Dua dinasti ini memiliki andil besar menjadikan Mesir dan Kairo sebagai pusat peradaban Islam penting di kawasan maghribi saat itu. Dinasti Fatimiyah di Mesir dikenal sebagai pendiri resmi ibukota baru, Kairo atau Al Qahira pada 8 Agustus 969.

Sedangkan Dinasti Utsmaniyah mengambil alih Mesir dari Kekhalifahan Bani Abbasiyah pada 1517. Peninggalan dua dinasti besar Islam tersebut kini dapat dilihat pada jejak pemukiman di setiap sudut kota tua di Kairo.

Salah satu yang masih bisa dilihat adalah Bayt Al-Suhaymi, model rumah dari gaya arsitektur Islam abad pertengahan. Kekhasannya berasal dari percampuran gaya arsitektur era Dinasti Fatimiyah hingga Utsmaniyah.

Bayt Al-Suhaymi yang menjadi situs cagar budaya nasional Mesir memiliki gaya arsitektur khas pemukiman masyarakat Islam dari abad pertengahan. Bangunan ini kini dipelihara dan masih dipertahankan oleh pemerintah Kairo sebagai cagar budaya nasional.

Bayt Al-Suhaymi merupakan rumah bangsawan era dinasti Islam abad pertengahan mirip paviliun saat ini, rumah ini dibangun pada 1648 oleh Abdul Wahab Al Tablawy. Bayt Al-Suhaymi kemudian dibeli oleh sosok terkemuka dan bangsawan saat itu, Sheikh Ahmed As Suhaymi pada 1796 sebagai tempat tinggal keluarganya hingga beberapa generasi selanjutnya.

As Suhaymi kemudian memperluas rumah ini dengan menggabungkan beberapa bagian rumah lain dalam satu area.

Dari As Suhaymi inilah nama rumah ini diabadikan sebagai bangunan cagar budaya. Komplek rumah ini berada di salah satu sudut Al Muizz Street (Shariʻa al-Muizz li-Deen Illah), kawasan jalan tertua di kota Kairo.

Bayt El Suhaymi adalah bangunan pertama di sisi kiri Darb El Asafar, lorong sempit di kawasan yang di bangun era Fatimiyah. Di kawasan ini, Bayt Al-Suhaymi berdiri bersama bangunan bersejarah lain, diantaranya Bab al Futuh, Masjid Al Hakim, Masjid Al Aqmar, Masjid al Azhar dan Komplek Qalawun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement