Jumat 12 Jun 2015 11:43 WIB

Bintang Hollywood Prihatin Kondisi Muslim Rohingya

Rep: c28/ Red: Agung Sasongko
Anak-anak etnis Muslim Rohingya di pengungsian.
Foto: AP Photo/Gemunu Amarasinghe
Anak-anak etnis Muslim Rohingya di pengungsian.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Aktor nominasi Academy Award dan penulis skenario Matt Dillon pada kamis (11/6) menyampaikan simpatinya terhadap nasib Muslim Rohingya. “Kejadian ini sangat memilukan, Banyak orang menderita,” kata Matt Dillon, yang juga salah satu selebriti pertama menyoroti penderitaan Muslim Rohingya.

 “Sepertinya tidak ada yang ingin seperti mereka. Mereka terjebak, dan ini bukan cara hidup yang baik bagi mereka." Katanya. Seperti yang dilansir Anadolu Agency. Jumat (12/6)

Dillon menggambarkan situasi di kamp-kamp sebagai pembersihan etnis. Ia mengatakan, selama bertahun-tahun, Rohingya telah hidup di bawah kondisi apartheid tidak mendapatkan hak-hak dasar mereka, termasuk kebebasan berpergian, perkawinan, dan akses pendidikan.

Ia pun mengeluhkan sulitnya akses ke kamp-kamp tersebut. “Kami belum melihat adanya pekerja bantuan di kamp-kamp, dan itu sedikit aneh.” Katanya

Menurut Dillon kehidupan Muslim Rohingya di kamp-kamp sebuah keputusasaan hidup. Ini mendorong seorang perempuan yang selama berbulan-bulan terjebak di atas kapal perdagangan manusia perahu, bersama dengan anak-anaknya tanpa ada bekal untuk hidup selanjutnya.

“Dia dipukuli, anak-anaknya hampir tidak makan tiap hari, tapi dia bilang dia akan mencoba untuk melarikan diri lagi jika dia bisa,” kata Dillon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement