Jumat 05 Jun 2015 09:38 WIB

Keutamaan Kenalkan Alquran Sejak Usia Kandungan

Rep: c28/ Red: Agung Sasongko
Ibu hamil
Foto: pixabay
Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAK -- Pengajar Ponpes Modern Daaru Ulil Albaab Tegal, Akmal Ya’qub Assaidi mengatakan, orang tua perlu memperkenalkan Alquran sejak usia Kandungan. “Perkenalkanlah Alquran kepada anak sejak masih di dalam kandungan. Hal ini dapat membantu kecerdasan anak.” Kata Akmal saat dihubungi ROL, Jumat (5/6)

Akmal menjelaskan, cara memperkenalkan Alquran pada si anak melalui dengan memutar kaset atau CD, mp3, dan media yang lainya.  “Kita sering mendengar teori, bahwa mendengarkan musik pada janin dapat meningkatkan kecerdasan, Insya Allah dengan memperdengarkan Alquran akan jauh lebih cerdas.” Kata Akmal.

Menurutnya, sangat direkomendasikan apabila ibu yang membaca Alquran. Ini karena, saat membaca Alquran ibu akan mendapatkan ketenangan sehingga membantu perkembangan janin.

Selain itu, lantunan ayat suci Alquran, sangat penting memperkenalkan suara Adzan (telinga kanan) dan Iqomah (telinga kiri). "Tujuan dari memperdengarkan Alquran dan menyuarakannya agar yang pertama kali didengar ialah Allah. Selain itu juga berharap pada anak memiliki akhlak yang Qurani, dan dapat mengamalkan isi Alquran.” Jelasnya.

Tak hanya itu, ujar Akmal, kalimat toyibah tersebut dapat menguatkan iman dan takwa ketika sudah dewasa. Dengan begitu tidak mudah terpengaruh dengan istilah radikal yang saat ini beredar, Lantaran kalamullah sudah ditanamkan sejak usia dalam kandungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement