Sabtu 30 May 2015 12:37 WIB

Label Halal Harus Seimbang dengan Kualitas

Rep: C38/ Red: Indah Wulandari
Resto berlabel halal.
Foto: Republika/Tahta Aidilla/ca
Resto berlabel halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesadaran masyarakat akan produk halal atau produk berbasis syariah semakin kuat.

“Harus ada standar kualitas produk-produk berlabel halal. Kalau tidak, akan menjatuhkan nilai produk halal di mata konsumen,” ujar pakar branding nasional Subiakto Priosoedarsono, Sabtu (30/5).

Ia mencontohkan, hotel yang mengaku berbasis syariah tidak boleh sama dengan hotel-hotel lain. Mulai dari kamar, makanan, tempat ibadah, sampai pelayanan karyawan. Pengusaha harus mempunyai standar kualitas layanan untuk mengimbangi label itu.

“Halal itu tidak sekedar label, tapi menghadirkan Tuhan dalam makanan dan minuman kita. Kalau kualitas produk halal kita terbukti, nantinya berapapun konsumen rela bayar,” ujar Subiakto.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kebutuhan produk halal itu meliputi bahan, proses, produk, penyimpanan, dan penjualan. Nilai yang ditawarkan produk halal adalah perasaan ketaatan konsumen pada ajaran Islam.

Kebutuhan masyarakat akan produk halal ini harus ditumbuhkan. Kalau kebutuhan masyarakat tinggi, produsen juga akan berlomba-lomba untuk membuat produk halal.

"Status ‘dijamin halal’ menjadi jaminan yang akan dicari oleh konsumen," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement