Jumat 29 May 2015 14:10 WIB

Muamalat Berikan Rp 42 Miliar Bantu Rumah Bersalin Gratis

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Ibu yang baru melahirkan anak kembar.
Foto: AP
Ibu yang baru melahirkan anak kembar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Bank Muamalat menyalurkan bantuan operasional senilai Rp 42 miliar kepada Klinik Pratama Rumah Bersalin Gratis (RBG) Rumah Zakat, Jumat (29/5). Bantuan ini diberikan, untuk menunjang kegiatan pelayanan gratis bagi ibu hamil, persalinan, layanan kesehatan bayi dan balita serta masyarakat yang kurang mampu.

"Bantuan tersebut diberikan agar semakin banyak masyarakat yang terbantu, oleh tenaga medis profesional dan fasilitas nyaman," ujar Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Muamalat, Evi Afiatin Ismail, Jumat (29/5).

Menurut Evi, bantuan yang diberikan kepada klinik RBG RZ ini berasal dari dana zakat perusahaan tahun 2013. Selain bekerja sama dengan tiga LAZ lain untuk menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Total dana CSR yang sudah disalurkan mencapai Rp 42 miliar. Evi mengatakan, sebagai bank syariah, semua karyawan Bank Muamalat harus membayar zakat selain pajak. Dana ini, dikumpulkan menjadi dana CSR.

Bantuan ini, kata dia, merupakan wujud dari tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh Bank Muamalat dengan menekankan pada pentingnya dampak yang diterima oleh sosial dan lingkungan.

Sementara menurut Chief Operational Officer RZ, Herry Hermawan, klinik Pratama RBG cabang Bandung, telah berdiri sejak 2008. Saat ini, sudah melayani 1.319 persalinan dan 119.797 penerima manfaat layanan kesehatan.

Targetnya, kata dia, tahun ini RBG cabang Bandung akan melayani 360 persalinan dan 25.200 penerima layanan kesehatan. RBG ini, dapat melayani masyarakat kurang mampu atas donasi para donatur.

Bantuan operasional RBG ini, kata dia, menjadi salah satu dari tiga program yang dikerjasamakan. Bentuk bantuan lainnya, adalah bantuan di bidang pendidikan berupa operasional mobil juara dan di bidang lingkungan pengadaan sarana air bersih.

Untuk mobil juara, kata dia, akan beroperasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mobil ini, akan mengunjungi sekolah-sekolah untuk menghadirkan nuansa pembelajaran yang atraktif. Yakni, terdiri dari buku, audio visual, serta komputer yang terhubung internet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement