Senin 25 May 2015 07:20 WIB

Masjid Florida Buka Layanan Kesehatan Gratis Buat Kaum Dhuafa

Rep: c 38/ Red: Indah Wulandari
RIaz Quresshi di klinik gratis Masjid Maryam Florida
Foto: onislam
RIaz Quresshi di klinik gratis Masjid Maryam Florida

REPUBLIKA.CO.ID,FLORIDA -- Deltona Islamic Center di Debary, Florida, Amerika Serikat membuka sebuah klinik kesehatan gratis bagi orang-orang miskin dan yang tidak diasuransikan di daerah itu.

"Kita harus memberikan sesuatu kembali kepada masyarakat," ujar Presiden Masjid Maryam Florida Riaz Quresshi  kepada Dayton Beach News Journal, Senin (25/5).

Jika melayani umat manusia adalah salah satu ajaran Islam, ujarnya, maka klinik gratis adalah salah satu cara untuk memperbaiki kesalahpahaman tentang Islam.

"Kami diberkati untuk berada di Amerika. Di sini kami hidup dalam damai. Kami memiliki kebebasan beragama. Kami memiliki perdamaian dan keamanan," kata Qureshi.

Diresmikan pada Ahad (24/5) kemarin, klinik ini akan memiliki sejumlah dokter yang siap sedia untuk memeriksa pasien selama sebulan. Klinik ini juga akan menawarkan layanan laboratorium dan bantuan resep.

Komunitas Muslim Amerika juga telah meluncurkan inisiatif serupa di seluruh negeri. Pada tahun 2010, sekelompok dokter Ohio membuka Klinik Komunitas Noor, menawarkan gratis check-up medis dan konseling bagi orang-orang tanpa asuransi kesehatan atau bantuan pemerintah.

Lebih dari satu dekade sejak berdirinya, University Muslim Medical Association (UMMA) kini melayani sekitar 16.000 pasien Amerika dari berbagai latar belakang agama.

Sebelumnya, pada 1996, sekelompok mahasiswa Muslim Amerika yang tidak puas dengan kurangnya keterlibatan Muslim dalam memecahkan isu-isu sosial Amerika, meluncurkan klinik kemanusiaan pertama di negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement