Sabtu 16 May 2015 09:06 WIB

Sarihusada dan PKPU Berikan Pelatihan Kader Gizi

Sarihusada dan PKPU bekerjasama memberikan pelatihan kader gizi.
Foto: PKPU
Sarihusada dan PKPU bekerjasama memberikan pelatihan kader gizi.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – PT. Sarihusada Generasi Mahardika bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU cabang Yogyakarta mengadakan pelatihan ‘capacity building’  bagi pengurus Forum Masyarakat Desa Logede, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah. Pelatihan yang diadakan di Hotel Quin Colombo, Rabu (13/05) ini dihadiri oleh Corporate Affair Sarihusada, Endah Prasetioningtias, Camat Karangnongko, Joko, Kepala Puskesmas Karangnongko, drg. Susila, Kepala Cabang PKPU Yogyakarta, Jumarsono, Kepala Bidang Pendayagunaan PKPU Yogyakarta, Akhta Suendra dan 20  pengurus Forum Masyarakat Desa Logede.

Camat Karangnongko, Joko mengatakan, melalui capacity building harapannya masyarakat lebih berperan aktif agar program ini berhasil dan mampu menjadi desa percontohan di Kecamatan Karangnongko.

drg. Susila menyampaikan, para kader gizi yang mengikuti acara ini bisa menjadi  kepanjangan tangan kampanye tentang ASI eksklusif, dan ilmu yang didapat pada pelatihan ini bisa disampaikan kepada masyarakat luas.

“Akhir dari program pemberdayaan masyarakat adalah peningkatan derajat kesehatan. Sehingga  Desa Logede bisa menjadi desa percontohan untuk desa lain dengan tolok ukur menurunnya tingkat kematian ibu dan anak dan tidak ada gizi buruk,” kata  Susila.

Dalam pelatihan ini peserta diberikan materi mengenai primary health care, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan gizi masyarakat yang disampaikan oleh Manajer Kesehatan PKPU, Ferry Suranto.

Melalui pelatihan ini PKPU berharap kader memiliki pengetahuan tentang primary health care, PHBS dan gizi, sehingga mampu mengajarkan dan mengaplikasikannya saat melakukan pendampingan terhadap masyarakat”.

Pelatihan ini adalah pelatihan yang kedua yang diadakan oleh Sarihusada dan PKPU, setelah sebelumnya juga sudah dilakukan pelatihan teknik fasilitasi dan motivation training. Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian program pemberdayaan masyarakat di Desa Logede, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten kerjasama Sarihusada dan PKPU Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement