Ahad 10 May 2015 04:30 WIB

Promosikan Islam Damai, Muadzin Lakukan Perjalanan Keliling AS

Rep: c71/ Red: Bilal Ramadhan
Jameel Syed
Foto: Detroit Free Press
Jameel Syed

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Tak hanya musisi yang bisa melakukan tur keliling negara atau dunia untuk menggelar konser. Seorang muadzin Amerika Serikat (AS) bernama Jameel Syed (40 tahun) juga menggelar tur keliling 50 negara bagian AS.

Namun, ia tidak menggelar konser musik melainkan menyuarakan azan. Hal itu bertujuan untuk menyebarkan pemahaman yang tepat tentang Islam dan menyebarkan toleransi. "Ini adalah perjalanan yang luar biasa," ujar Syed kepada Detroit Free Press seperti dikutip Onislam.net, Sabtu (9/5).

Perjalanan bertajuk "Muadzin: Perjalanan Historis Lintas Amerika" dimulai pada 3 April lalu dan diakhiri di Michigan pada 8 Mei. Syed memulainya dari sebuah masjid di Indiana. Perjalanannya mencapai Hawaii, Alaska, dan juga California.

Syed mengaku ia berinisiatif melakukan tur itu untuk menunjukkan keindahan dalam keberagaman dari masyarakat muslim di Amerika.

"Saya merasa sangat berhutang pada kebaikan dan keramahan dari orang-orang di perjalanan yang bahkan saya tidak pernah mengenalnya," ujar Syed. Ia mengaku umat Islam saat ini harus menyuarakan damai dan tidak semestinya melukai orang lain.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement