Jumat 01 May 2015 09:50 WIB

Yenny Wahid: Muslim RI Takjubkan Delegasi Muslim AS

Rep: c 83/ Red: Indah Wulandari
Yenny Wahid
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Yenny Wahid

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kedatangan lima tokoh delegasi Muslim Amerika Serikat ke Indonesia memunculkan harapan adanya kerja sama keagamaan dan budaya yang lebih erat.

"Kita bisa memfasilitasi orang Amerika datang ke Indonesia. Karena begitu mereka datang ke Indonesia mereka takjub. Karena, Islam di Indonesia ini mengayomi minoritas," ujar Direktur The Wahid Institute Yenny Wahid, Kamis (30/4).

Bentuk konkret kerja sama yang menurutnya bisa dilakukan antara Indonesia dan AS dalam hal keagamaan dan kultural, yakni pertukaran imam. Pertukaran imam juga di dimaksudkan untuk memperlihatkan kepada publik AS bahwa Islam di Indonesia adalah Islam yang toleran dan damai.

Lebih jauh, ia berharap dengan adanya komunikasi intens antara Amerika dan Indonesia dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah negara adidaya. Terutama kebijakan terhadap warga Muslim Amerika serta menepis sikap islamofobia.

Sebelumnya diberitakan, lima tokoh delegasi muslim berkunjung ke Indonesia untuk belajar tentang Islam di Indonesia. Mereka terdiri dari berbagai macam profesi, seperti akademisi,pihak pemerintahan, dan  pengusaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement