Rabu 15 Apr 2015 10:45 WIB

Muslim Kampanyekan Khotbah Hijau di Hari Bumi

Rep: c13/ Red: Damanhuri Zuhri
Air bersih (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Air bersih (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO – Umat Muslim Toronto akan mengampanyekan khutbah hijau Jumat, (24/4) nanti. Kampanye ini diadakan untuk menandai peringatah Hari Bumi ke-45.

Seperti dikutip laman HYPERLINK http: onislam.net"onislam.net, Muslim berencana untuk memperingati acara tahunan dengan berpartisipasi dalam Kampanye Khutbah Hijau.

Para pemimpin agama kelak akan menyampaikan ceramah demi meningkatkan kesadaran umat manusia pada lingkungan di seluruh dunia. Mereka juga menyampaikan pesan ihwal tantangan yang akan dihadapi umat manusia.

"Tema Kampanye Khutbah Hijau tahun ini adalah Air - Hadiah Suci,” ujar penerbit situs lingkungan Kanada, Khaleafa.com dan salah satu pendiri kampanye, Muaz Nasir, Rabu (15/4).

Menurut Nasir, khutbah ihwal air ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran betapa besar keberkahan air yang Allah SWT anugerahkan.

Nasir menjelaskan, kampanye ini untuk meminta semua umat Islam berkomitmen melindungi, merawat dan bijaksana menggunakan sumber daya air.

Menurutnya, rencana ini akan disertai tiga aksi, yakni Mengonsumsi bijaksana, Menghemat yang bertanggung jawab dan Melestarikan air.

Menurut PBB, sekitar 750 juta orang tidak memiliki akses menikmati air bersih. Selain itu dikatakan pula satu anak meninggal setiap menit dari penyakit yang berhubungan dengan air.

Kemudian, PBB menyebut juga sekitar 1,2 miliar orang atau seperlima dari populasi dunia tinggal di daerah dengan keberadaan air yang langka.

Kampanye Khutbah Hijau ini diluncurkan pada 2012 di Kanada. Setiap tahun, imam di seluruh dunia didorong untuk menyampaikan pesan yang mengingatkan jamaah ihwal pesan Al-Qur'an.

Dalam pesannya, para tokoh agama Islam diminta untuk menyampaikan agar umat bisa menjadi khalifah yang baik di bumi dan lingkungannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement