Senin 23 Mar 2015 07:53 WIB

Wagub Lantik Dewan Hakim STQ XIV 2015 Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agung Sasongko
Salah satu perlombaan MTQ di Indonesia.
Foto: Republika/Agung Supriyanto/ca
Salah satu perlombaan MTQ di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melantik Dewan Hakim Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XIV Tahun 2015 tingkat Provinsi Jawa Barat. Pelantikan berlangsung di Aula Barat Gedung Sate, Sabtu malam (21/3).

Para Dewan Hakim STQ XIV 2015 Jabar ini dilantik berdasarkan pada Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor. 451.48/Kep.370-Yansos/2015 tentang Dewan Hakim Seleksi Tilawatil Quran XIV Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2015. Mereka yang dilantik merupakan pengurus dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi serta Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat.

Menurut Wakil Gubernur Deddy Mizwar, kualitas dari para kafilah Jawa Barat yang akan bersaing di Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional, ditentukan oleh kulitas serta penilaian yang dilakukan oleh Dewan Hakim STQ.  Sehingga, kualifikasi Dewan hakim sangat penting.

Untuk itu, Deddy berharap, para Dewan Hakim ini dapat bekerja dengan baik dan objektif, serta adil. “Insya Allah mereka (Dewan Hakim) bisa bekerja secara optimal, juga objektif, arif, dan seadil-adilnya, sehingga bisa menciptakan para Qori/Qoriah kita sebagai kafilah Jawa Barat yang bisa masuk di kompetisi tingkat nasional," katanya.

Deddy mengatakan, hal ini diharapkan tidak hanya dapat menghasilkan pembaca Al-Quran yang baik. Namun, bisa memberikan dampak terhadap perilaku dan pengamalan Al-Quran, khususnya bagi generasi muda saat ini.

“Kami berpikir ini harus kita lakukan, sehingga bukan saja pada cara pembacaan Al-Quran dengan baik dan benar tapi juga menyangkut pada perilaku," katanya.  

Pada acara yang turut dihadiri Plh. Sekda Provinsi Jawa Barat, serta Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat ini, dilantik sebanyak 67 orang Dewan Hakim. Mereka akan menyeleksi para Qori/Qoriah yang sebelumnya telah diseleksi di tingkat kabupaten/kota. Proses seleksi atau STQ akan berlangsung mulai tanggal 22 – 27 Maret 2015 di Pusdai Jabar, Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement