Jumat 13 Mar 2015 19:53 WIB

Muslim Punya Tugas Menebar Kebaikan

Rep: c71/ Red: Damanhuri Zuhri
Muslim Eropa/ilustrasi
Foto: flickr
Muslim Eropa/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Imam Masjid Norwich, Inggris, Abdassamad Clarke mengungkapkan, tugas seorang Muslim adalah menebar kebaikan. Dengan melakukan hal itu, citra Islam yang sesungguhnya akan tampil dan menarik banyak orang.

Clarke mencontohkan, imigran Muslim Eropa yang mendominasi jumlah Muslim di benua biru justru melupakan tugas penting itu. “Imigran Muslim di Eropa datang untuk mencari uang. Saya tahu karena saya pernah berbincang dengan mereka,” ujar Clarke.

Eropa, kata Clarke, selama ini berusaha membuang agama karena mereka merasa agama adalah sebuah kemunafikan. Menurutnya, Islam semestinya hadir untuk menjawab itu karena Islam memang memiliki jawabannya.

Clarke mengaku gurunya yaitu Syekh Abdalqadir as-Sufi pernah menyampaikan kepada jamaah di sebuah masjid di Inggris untuk berpikir kedatangan Muslim ke Inggris bukan hanya mencari uang melainkan tujuan yang lebih penting.

“Banyak orang lupa, tugas mereka sebagai orang yang mengenali Allah SWT dan Rasul-Nya adalah untuk membagi kebaikan pada orang lain,” ujar Clarke.

Ia menilai hal itu lebih efektif ketimbang berdakwah dengan berusaha membanding-bandingkan teologi. “Jika Muslim paham untuk berbuat baik pada lingkungan dan tidak eksklusif tentu banyak yang akan berubah,” ujar Clarke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement