Senin 02 Mar 2015 16:30 WIB

Kota Padang Siap Juarai MTQ

Rep: c 70/ Red: Indah Wulandari
Salah satu perlombaan MTQ di Indonesia.
Foto: Republika/Agung Supriyanto/ca
Salah satu perlombaan MTQ di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Para qori dan qoriah Kota Padang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat provinsi se-Sumatera Barat di Kota Sawahlunto pada September 2015 mendatang.

Menjadi juara bertahan, Kota Padang memang berniat untuk mempertahankan eksistensinya di ajang bidang keagamaan ini.

"Dalam rangka menghadapi MTQ Sumbar ke-36 ini, Kota Padang sengaja lebih awal mempersiapkan para kafilah terbaiknya," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Padang Al Amin, Senin (2/3).

Ia mengatakan, Kesra bersama Kementerian Agama Kota Padang dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) akan melakukan seleksi serta training centre pertama bagi kafilah. Tahap penyeleksian dan dimulai pada Rabu (25/2) hingga Jumat (27/2).

Kafilah Kota Padang, ujar Al Amin, memang terlihat siap untuk mempertahankan juara umumnya. Ia melanjutkan, keseriusan qori dan qoriah, mulai dari tingkat TK hingga dewasa, berlatih melafazkan ayat suci Alquran, mengumandangkan kalam Ilahi serta berbagai cabang perlombaan yang diikuti dengan penuh disiplin.

"Para qari/qariah berjumlah 152 orang adalah juara di MTQ tingkat kota, kecamatan dan kelurahan. Selesai TC pertama, dari 152 kafilah kita saring menjadi 60 orang yang akan melanjutkan ke TC kedua nantinya," tutur Al Amin.

Menurutnya, merupakan tugas berat untuk mempertahankan predikat juara umum pada MTQ ke-36 ini. Namun, lanjutnya, dengan adanya bonus yang dijanjikan oleh Wali Kota Padang sebesar Rp 25 juta diharapkan dapat menjadi motivasi tersendiri bagi para kalifah.

"Jadi, semoga ini semakin memacu bagi seluruh panitia,  pelatih, dan terutama kafilah Kota Padang untuk menampilkan yang terbaik nanti," kata Al Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement