Kamis 19 Feb 2015 18:05 WIB
Tahun Baru Imlek

Masjid Etnis Tionghoa Memeluk Islam Ini tidak Rayakan Imlek

Rep: MGROL36/ Red: Winda Destiana Putri
Interior Masjid Lautze
Foto: AGUNG SASONGKO/REPUBLIKA.CO.ID
Interior Masjid Lautze

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Lautze adalah Masjid bernuansa Cina yang terletak di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Tak seperti kebanyakan Masjid lainnya, jam operasional Masjid ini hanya dari pukul 09.00 hingga 17.00.

Diambil dari seorang tokoh Cina yang memutuskan untuk menjadi mualaf bernama Lautze, Pada saat Imlek seperti saat ini tidak melakukan kegiatan apa-apa.

Meski pada tahun sebelumnya, di dalam Masjid ini dilakukan pengajian oleh para mualaf yang sebagian besar adalah etnis Tionghoa, namun pada tahun ini, Masjid tidak melakukan hal yang sama.

"Oh tidak ada persiapan apapun karena kita tidak merayakan, namun pada perayaan Imlek ada beberapa orang yang istilahnya gembira menyambut perayaan tersebut untuk hanya sekedar kumpul bersama keluarga mereka," kata H. Yusman Iriansyah selaku pengurus Masjid saat ditemui Republika Online, Rabu (18/2).

Dikatakan lebih lanjut, meski tidak ada barongsai atau kegiatan pembagian angpao, pada hari Ahad nanti seluruh pengurus Masjid bersama dengan mualaf dan warga setempat akan mengadakan pengajian.

"Kita tidak mengadakan acara seperti barongsai atau semacamnya, cuma pada hari Ahad (22/2) nanti kita akan mengadakan pengajian dan kumpul bersama dengan hidangan makanan khas Imlek hanya untuk sekedar nostalgia," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement