Selasa 17 Feb 2015 23:01 WIB

Peran Kiai Sangat Strategis dalam Pemberantasan Narkoba

  Petugas kepolisian menunjukan barang bukti narkoba jenis ganja saat konferensi pers hasil penangkapan ganja Aceh di Polres Jakarta Barat, Jumat (13/2).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Petugas kepolisian menunjukan barang bukti narkoba jenis ganja saat konferensi pers hasil penangkapan ganja Aceh di Polres Jakarta Barat, Jumat (13/2). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Para kiai memiliki peran yang sangat strategis dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba di masyarakat. "Kiai bisa berperan ikut memberantas penyalahgunaan narkoba melalui ceramah di setiap pengajian," kata Wakil Bupati Temanggung, Jawa Tengah, Irawan Prasetyadi.

di Temanggung, Ahad kemarin.

Menurutnya, para kiai bukan saja menyampaikan masalah keagamaan, tetapi perlu menyisipkan bahaya penyalahgunaan narkoba dalam pengajiannya. "Para kiai harus ikut berperan dalam memberantas narkoba karena penyalahgunaan narkoba dapat merusak masa depan bangsa," katanya.

Ia mengatakan, narkoba merupakan barang haram. Bagi umat Islam barang haram termasuk daging babi dan anjng.

"Kiai bisa meyakinkan umat tentang daging babi dan anjng itu haram, maka juga harus bisa mengajak umat untuk menjauhi narkoba karena ini juga barang haram," katanya.

Ia mengatakan, tingkat penyalahgunaan narkoba di Temanggung cukup mengkhawatirkan "Memberantas penyalahgunaan narkoba bukan hanya tugas polisi atau BNN saja tetapi menjadi tugas semua elemen masyarakat," katanya.

"Jangan sampai masa depan mereka rusak akibat narkoba maka mereka harus diberi sosialisasi tentang bahaya narkoba dan memberikan motiivasi kepada mereka untuk maju guna menyongsong masa depan lebih baik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement