Senin 12 Jan 2015 19:11 WIB

Ini Wajah Muslim Inggris di Mata Innes Bowen (1)

Rep: c14/ Red: Damanhuri Zuhri
Muslim Inggris
Foto: AP
Muslim Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seperti apa wajah Islam yang sesungguhnya di Inggris? Melalui studi jurnalistiknya selama delapan tahun, Innes Bowen mencoba menunjukkan hal itu. Innes adalah produser pada Radio 4 di Inggris.

Selama delapan tahun, ia berupaya mempelajari Islam di Inggris melalui sebuah studi jurnalistik. Hasil risetnya tertuang dalam buku karyanya, Medina in Birmingham, Najaf in Brent: Inside British Islam.

Riset dan lahirnya buku ini mendapatkan apresiasi dari banyak kalangan. Salah satunya surat kabar terkemuka Inggris, the Guardian, yang menempatkan Innes ke dalam jajaran tokoh perubahan 2014.

Menurut koran tersebut, karya Innes telah membuka mata semua orang mengenai Islam di Inggris. Sebab, selama ini kebanyakan orang memahami Islam sebagai agama terbelakang atau bahkan pendukung ekstremisme.

"Innes Bowen berhasil menunjukkan sifat dan wajah Islam yang sesungguhnya kepada publik Inggris. Buku itu penting dibaca untuk memahami negara kita hari ini," kata Andrew Brown, kolumnis the Guardian, belum lama ini.

Buku yang ditulis Innes bukanlah hasil studi akademis. Meski demikian, kajian yang dilakukan Innes bersifat menyeluruh dan disertai data yang valid serta aktual.

Karena itu, Innes dianggap berhasil memetakan dinamika Islam serta kontribusi Muslim bagi kemajuan Inggris. Dengan bahasa yang sederhana, Innes juga secara gamblang menjelaskan sejarah kedatangan imigran Muslim ke negeri itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement